Strategi Endorsement dan Testimonial, Mana yang Lebih Efektif

Apakah Anda seorang pengguna media sosial yang aktif? Saat ini kebanyakan orang menggunakan media sosial entah untuk eksistensi pribadi, ingin terhubung dengan teman lama, atau untuk mempromosikan bisnisnya. Karena media sosial dapat diakses di mana saja dan kapan saja, jumlah pengguna terus meningkat. Keberadaan media sosial juga dimanfaatkan untuk mengatur strategi dalam bisnis, contohnya adalah memanfaatkan orang terkenal menjadi endorser sebuah produk.

Endorsement

Fenomena endorsement saat ini tidak asing lagi di sekitar kita. Endorsement dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang diandalkan para pelaku bisnis, khususnya pada bisnis online. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran seseorang yang meng-endorse sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Orang-orang terkenal yang biasanya dari kalangan artis itu potensial karena memiliki audiens yang sangat besar.

Sebuah produk baru yang belum dikenal bisa terdongkrak branding nya karena sosok endorser yang notabene orang terkenal dan memiliki banyak pengikut di kalangan masyarakat. Peran terpenting seorang memberi endorsement pada dasarnya adalah memberikan informasi. Berbagai produk dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat melalui informasi yang disampaikan oleh endorser. Strategi endorsement ini cukup efektif untuk memperkenalkan suatu produk, tapi belum tentu menjamin sebuah produk terjual karena orang yang meng-endorse itu belum tentu memakai produk tersebut.

Testimonial

Tidak hanya memanfaatkan keberadaan para tokoh endorser, pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan para konsumennya. Cara untuk melibatkan konsumen ini bisa dilakukan dengan memberi promo khusus kalau konsumen ikut mempromosikan produk yang dibelinya.

Strategi ini adalah testimonial dari konsumen yang menggunakan produk tersebut. Ketika konsumen mau merekomendasikan produk yang dia beli tanpa imbalan apa-apa, berarti memang mereka puas dengan produknya. Dibanding dengan endorsement, strategi testimonial bisa jadi lebih efektif dan meyakinkan karena memang mereka menggunakan produk tersebut.

Entah itu strategi endorsement atau testimonial, tetap harus diikuti dengan kualitas produk. Segencar apapun promosi yang dilakukan, kalau produknya tidak berkualitas, maka konsumen tidak akan tertarik, bahkan memberikan rekomendasi yang buruk.

 

Strategi apa yang akan Anda pakai untuk mempromosikan produk Anda? Mulailah dengan cara menjual yang efektif. ikuti seminar Be A Magician Sales di Hotel Royal Heritage Solo. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.