Ternyata, Strategi Marketing Bisa Diterapkan dengan Ilmu Albert Einstein, Bagaimana Caranya Part 1

 

(by coach Edwin Indarto)

Albert Einstein, siapa yang tidak kenal tokoh yang satu ini? Albert Einstein dikenal dengan teori relativitasnya, atau Anda pernah mengenal rumusan beliau E=mc2, di mana E adalah energi, M adalah massa, C adalah konstanta kecepatan cahaya. Tetapi di sini, saya tidak akan bahas lebih lanjut tentang teori dan rumusan relativitas tersebut.

Pertama, karena memang bukan bidang spesialisasi saya. Kedua, Anda mungkin tidak akan membutuhkannya. Jadi saya akan membahas rumusan tersebut dari sisi berbeda.

Ketika Anda memiliki suatu produk atau jasa, itu perkara mudah. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana Anda dikenal pasar dan berikutnya mereka  membeli produk atau jasa Anda. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Bagaimana Anda mampu menjelaskan atau mengedukasi segmen pasar yang Anda bidik.

Bisa jadi pasar kurang atau bahkan tidak paham dengan produk atau jasa Anda tersebut, oleh karena itu wajib untuk Anda mengedukasi pasar agar mereka paham dengan produk atau jasa Anda.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyampaikan pesan atau message ke segmen  pasar yang Anda bidik. Anda pastikan bahwa pesan yang Anda sampaikan sesuai dengan segmen pasarnya. Semisal message untuk anak muda mungkin berbeda dengan untuk orang tua, ketika Anda membagi segmen pasar berdasarkan usia.

Demikian juga message akan berbeda ketika Anda membagi segmen pasar berdasarkan kepemilikan kartu kredit mereka, semisal kartu kredit platinum pastilah berbeda dengan pemilik kartu kredit silver. Pastikan gunakan bahasa mereka untuk masing masing.

 

Communication dengan Segmen Pasar

Sekarang pikirkan dua hal berikut terkait communication dengan segmen pasar Anda. Yang pertama adalah alat yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan segmen pasar Anda. Semisal aplikasi Instagram lebih cocok untuk segmen pasar anak muda dan kedua adalah model komunikasi yang Anda gunakan, apakah mereka masuk visual, auditory atau kinestetik.

[bersambung ke artikel berikutnya..]

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!