Begini Strategi Melakukan Pembagian Kerja yang Efektif sesuai Kemampuan Tim Anda

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah ungkapan seperti ini: If you want to go fast, go alone If you want to go far, go together. Kalau Anda ingin pergi dengan cepat, pergilah sendiri. Tapi kalau ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama. Di dunia kerja hampir selalu dijumpai situasi seperti itu. Kalau ingin sukses dengan cepat,  bekerjalah sendiri. Tapi kalau ingin sukses untuk waktu yang lama, kita tidak bisa sendiri. Kita butuh tim yang solid yang melakukan pekerjaan di bagiannya masing-masing.

Pentingnya Team Work

Kerja tim (Team work) sepertinya menjadi istilah favorit banyak orang di tempat kerja, yaitu ketika kita bekerja dengan tim, tidak perlu mengurus semuanya sendiri.  Dengan kerja tim, diharapkan tugas-tugas jadi tidak terlalu berat karena adanya pembagian pada beberapa rekan kerja.

Meningkatkan Hasil Kerja yang Lebih Inovatif

Dengan adanya skill yang berbeda-beda, maka hasil kerja tim bisa jadi makin inovatif dan kreatif. Keberagaman keterampilan orang-orang dalam tim terbukti meningkatkan hasil kerja, sebagaimana di perusahaan Apple, Steve Jobs membutuhkan Stephen Wozniak, dan di Facebook, Mark Zuckerberg mungkin saja tidak bisa berhasil tanpa Sheryl Sandberg.

Faktor Kepemimpinan yang Sangat Menentukan

Selain pada tim itu sendiri, ada yang menjadi faktor penting di sini. Dalam setiap kelompok atau organisasi, kepemimpinan adalah unsur yang menentukan. Seorang pemimpin juga hadir untuk menginspirasi orang lain, yakni anggotanya untuk menjadi yang terbaik dalam kerjanya. Karakter kepemimpinan yang ada akan mempengaruhi kelompok di dalam mencapai tujuan.

Tapi, kepemimpinan tidak selalu terlihat pada hal-hal apa yang Anda lakukan-tetapi apa yang orang lain lakukan sebagai respon dari Anda. Semakin kuat pemimpin memotivasi atau mendorong anggota untuk melakukan sesuatu, maka teamwork akan semakin produktif untuk menghasilkan kinerja terbaik.

Bagaimana cara lain untuk melakukan pembagian kerja yang efektif sesuai kemampuan tim Anda dan membuat tim Anda memberikan kontribusi terbaik?

 

Hal itu bisa dimulai dengan membuat sistem rekrutmen yang efektif. Ikutilah Seminar Bisnis “Integrated recruitment system” pada tanggal 17 Januari 2018.