Strategi Sukses ketika Harus Memulai Bisnis dari Nol

Dalam berbagai hal di kehidupan ini, memulai adalah hal yang tidak mudah. Tapi, fase itu tidak bisa dihindari. Bahkan ada kata bijak yang mengatakan bahwa perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama. Begitu juga dengan bisnis yang berkembang pesat, pasti ada masa-masa mencoba-coba berbagai strategi yang efektif. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika harus memulai bisnis dari nol.

Temukan Motivasi Anda

Memulai sebuah bisnis, coba Anda sempatkan untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang menjadi motivasi Anda. Sebisa mungkin buatlah yang spesifik. Tulis ke dalam catatan tentang minat atau keahlian Anda. Pahami betul peluang dan  tantangannya. Setelah itu Anda bisa menuliskan beberapa langkah untuk mengembangkan usaha yang Anda rintis.

Lakukan Riset Pasar

Riset pasar secara langsung di lapangan bermanfaat untuk melihat seberapa banyak orang yang telah menjalani usaha tersebut. Tingkat persaingan usaha yang sejenis dengan usaha Anda menjadi informasi penting. Selain itu, Anda pun perlu mencari informasi tentang produk yang disukai target konsumen Anda. Dengan begitu, maka Anda akan memiliki strategi untuk bersaing dengan para pebisnis lain yang bergerak di bidang sejenis.

Siapkan Modal Selain Uang

Aspek keuangan menjadi hal yang krusial, tapi ada lagi yang tak kalah penting yaitu membangun tim yang solid. Tim itulah yang membuat pekerjaan dalam bisnis menjadi lebih terorganisir. Langkah-langkah untuk mencapai tujuan pun lebih efektif ketika semua tim memiliki pemahaman yang sama. Faktor sumber daya manusia ini bisa menentukan sebagian besar keberhasilan.

Siapkan Rencana Cadangan

Masih ada hubungannya dengan modal, sebisa mungkin jangan habiskan semua modal Anda untuk usaha yang Anda jalankan sekarang. Paling tidak, buat cadangan 40% modal sebagai dana darurat untuk mengantisipasi kalau misal usaha Anda yang dirintis dari nol ini mengalami kegagalan. Gunakan sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti usaha Anda.

Gunakan Jasa Konsultasi

Kenyataannya, merintis usaha dari nol tidaklah mudah, tapi ketika sudah memiliki komitmen, tentunya tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada salahnya seorang pebisnis yang merintis usahanya menggunakan jasa konsultasi bisnis. Karena fasilitas konsultasi itulah yang bisa membantu membuat bisnis berkembang. Salah satu lembaga konsultan bisnis yang fokus untuk berbagi kepada para pebisnis, baik pemula maupun yang ingin mengembangkan bisnisnya adalah iBizCOACH (Indonesia Business Coaching).

 

Ada banyak layanan yang diberikan, misalnya program Seminar Series. Tanggal 25 Oktober 2017, iBizCOACH akan mengadakan seminar Profit Booster. Anda yang ingin mengikutinya, bisa menghubungi ke nomor 08112652244.