Sukses Adalah Kewajiban? Antara Tujuan dan Perjalanan dalam Hidup

 

Pernahkah Anda bertemu orang yang tampak pintar dalam diskusi karena kata-katanya memukau? Atau orang yang menyampaikan tulisan yang temanya berat tapi mudah dicerna? Di mana pun Anda menemukan orang seperti itu, ada kesamaan di antara mereka, yakni mereka pasti berwawasan luas. Salah satu cara untuk meningkatkan wawasan adalah dengan membaca. Tentu kita semua sudah tahu itu.

Sebagian orang di zaman yang serba instan lebih akrab dengan gadget di tangannya. Kalaupun membaca, mereka lebih suka membaca yang bisa diakses oleh smartphonenya. Tidak dipungkiri, hidup di antara arus informasi yang sangat cepat, begitu banyak yang terlihat menarik dibanding membaca buku. Sebenarnya membaca tidak selalu harus dalam bentuk buku saja, tapi bisa juga membaca tulisan-tulisan yang bermutu melalui gadget masing-masing.

Daya tarik aktivitas membaca memang tidak sama antara satu orang dan yang lainnya. Sebagian orang menambah wawasan dengan menonton acara pilihan. Dengan cara apapun orang menambah wawasan tentunya tidak jadi masalah. Yang pasti membaca adalah aktivitas kognitif yang bisa menstimulasi otak, atau bisa disebut menjadi ‘olahraga’ bagi otak. Membaca telah dibuktikan melalui penelitian bahwa mampu mengurangi stres walaupun hanya membaca 6 menit perhari. Efeknya akan lebih bagus ketika menghabiskan waktu lebih lama.

 

Mengapa Entrepreneur Perlu Rajin Membaca?

Tentu tidak ada yang menyangkal kalau membaca membuat seseorang lebih bertambah wawasannya. Meskipun manfaat dari bacaan itu kadang tidak terasa langsung, yang jelas kita bisa lebih kaya perspektif dan memiliki argumen untuk berbagai masalah karena sesuatu yang pernah kita baca. Manfaat itu tidak terbatas hanya pada bacaan yang terlihat berat muatannya.

Membaca cerita fiksi yang ringan pun bisa membantu kita memahami rangkaian peristiwa, menikmati karakter tertentu, bahkan mengasah empati. Membaca pengalaman orang dalam membangun usahanya bisa menginspirasi diri untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.  

Terlepas dari selera bacaan setiap orang yang berbeda-beda, setiap bacaan pastinya punya nilai tersendiri dan memberi ‘pengalaman’ baru. Bahkan buku yang bagus bisa memberi pengalaman sebagaimana aktivitas travelling ke tempat yang baru.

 

Bahkan Bisa Melatih Komunikasi yang Lebih Baik

Selain membantu kita mengukur sejauh mana kita bisa bijak menilai sesuatu, menambah kosa kata untuk berkomunikasi lebih baik, membaca juga menjadi motivasi tersendiri. Pernahkah Anda membaca kisah seseorang yang berhasil mengatasi hambatan hidupnya, lalu Anda jadi termotivasi untuk memenuhi tujuan Anda sendiri? Ya, bacaan inspiratif bahkan bisa mendorong kita untuk mencapai tujuan hidup.