Strategi dan Taktik Menyusun Perumusan Strategi Pemasaran yang Efisien

 

Sebuah strategi dikatakan berhasil jika terbukti mampu mencapai tujuan dengan tepat.  Tidak hanya tepat, tapi juga efektif dan efisien dalam prosesnya. Perlu diketahuii, hal itu sudah tergambar pada proses perencanaannya.

 

Memahami Strategi dan Taktik

Sering dianggap sama, tapi strategi ada perbedaan dengan taktik. Jika taktik bersifat jangka pendek, maka strategi bersifat jangka panjang meskipun waktu pencapaian keduanya sudah ditentukan. Taktik merupakan bagian dari strategi. Misalnya pada pertandingan sepakbola, taktik biasa digunakan untuk memenangkan sekali pertandingan. Sementara itu, strategi digunakan untuk menjadi juara pada musim kompetisi tertentu.

Begitu juga strategi dan taktik pada pemasaran. Taktik bisa diterapkan dalam sebuah kesempatan melakukan penawaran ke klien, sedangkan strategi bisa berupa visi dan misi jangka panjang perusahaan.

 

Segmentasi Pasar sebagai Tahap Awal

Tahap paling awal perumusan strategi pemasaran adalah segmentasi pasar. Segmentasi (segmenting) adalah proses di mana seorang tim marketing mengkategorikan, mengklasifikasikan, menggolongkan semua target potensial produk yang akan dipasarkan. Jika bisnis Anda merancang situs web, tentu Anda akan berfokus untuk menjual situs web tersebut kepada pemilik bisnis, dan bukan pensiunan.

Jika produk Anda sangat umum (misalnya, bumbu dapur seperti kecap), sepertinya tidak terlalu diperlukan riset pasar karena kita sudah tahu siapa saja orang yang menggunakan kecap. Jika Anda tepat dalam membidik target market yang sesuai sasaran, bisnis berskala kecil pun mampu secara efektif untuk berkompetisi dengan perusahaan besar.

 

Fokus kepada Kepuasan Pelanggan

Apapun taktik dan strateginya, fokusnya tetaplah demi keuntungan bersama. Bukan penjual saja yang mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Yang jelas, pemasaran yang baik selalu memberi titik berat kepada kepuasan pelanggan.

Mengapa kepuasan itu penting? Kepuasan kemudian akan menimbulkan loyalitas yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan jangka panjang, dan itu berlaku secara konsisten.

Cara membidik target market yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan adalah strategi yang bisa dipelajari. Bagaimana caranya?

 

Temukan jawabannya di seminar bisnis Branding Your Market Segmentation dari IbizCoach pada tanggal 21 Maret 2018. Info lengkap hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: