Berhenti untuk Terlalu Banyak Membuat Rencana

 


Bayangkan diri Anda sedang duduk di kursi pesawat. Anda tentunya tidak ingin duduk di pesawat tanpa mengetahui tujuan, atau menuju ke arah yang salah. Demikian pula, semua perencanaan tentang membuat keputusan di mana Anda ingin berakhir, dan ‘langkah-langkah yang diusulkan’ untuk membawa Anda ke sana.

 

Hati-hati Overplanning

Ketika sebuah perencanaan dilakukan dengan baik, entah itu harian atau mingguan, itu dapat membantu Anda menjalani hidup dengan teratur dan lebih rileks saat melihat semuanya terselesaikan. Namun terkadang, terlalu fokus merencanakan (overplanning) aktivitas sehari-hari Anda dapat membuat Anda menjadi orang yang rentan stres. Bahkan Anda kemudian menjadi lebih baik jika Anda tidak merencanakan apa pun sejak awal.

Berikutnya, saat muncul sesuatu yang ‘mengacaukan rencana Anda dan Anda tergoda untuk menyusun ulang perencanaan karena rencana awal dianggap tidak relevan lagi, ingatkan diri Anda bahwa rencana Anda memang membantu Anda ‘menetapkan lintasan awal’ dan membekali Anda untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan pada akhirnya. Tapi Anda tetap harus fleksibel untuk memodifikasi kursus Anda sepanjang jalan.

 

Apakah Sudah Menyiapkan Diri pada Hal-hal yang Terjadi Spontan?

Orang-orang yang memiliki perencanaan justru bisa stres ketika mereka tidak menyiapkan diri pada hal-hal spontan yang terjadi begitu saja selama rencananya masih bekerja untuk hari itu. Bukannya menerima perubahan sebagai bagian dari proses, mereka merasa kesal pada diri sendiri atau orang lain ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, seperti rapat yang terlambat atau sesuatu yang perlu dilakukan lebih lama dari yang diharapkan.

Agar perencanaan harian atau mingguan lebih menyenangkan adalah dengan mengambil pendekatan yang lebih santai. Sambil terus berusaha tetap on the track, sebaiknya tetap miliki keterbukaan terhadap keadaan tak terduga yang mungkin muncul.

 

Adakah Rencana yang Sempurna?

Kenyataannya, tidak ada rencana yang sempurna. Bahkan jika ada cara untuk membuatnya terlihat sempurna berdasarkan data saat ini, Anda tidak dapat mengetahui apa yang akan muncul secara tidak terduga. Jadi bagaimana menjamin bahwa rencana Anda akan sempurna. Jangan buang waktu dengan obsesi pada rencana yang sempurna.

Ikuti “Seminar Evaluation & Success Plan For Next” dari iBizCOACH hari Kamis 27 Desember 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar