Tips Memperlakukan Konsumen

“Konsumen adalah raja.” Istilah ini adakah istilah yang sering dipakai oleh para pengusaha untuk mendapat banyak konsumen. Anda yang sekarang punya bisnis menjual suatu produk tentunya Anda juga pernah gantian membeli produk ke orang lain. Tapi ada saatnya “konsumen adalah mitra”. Ketika Anda berpikir konsumen adalah mitra, maka yang penting terjadi kerjasama yang saling menguntungkan antara keduanya.

Tetapi tetap perpegang pada customer focus, untuk kepuasan pelanggan. Apa yang Anda inginkan kalua bukan pelayanan yang terbaik dan harga yang terjangkau? Karena beberapa faktor, harga produk Anda juga harus mengalami kenaikan. Lalu bagaimana menyiasatinya? Ada saatnya konsumen Anda perlakukan seperti ‘raja’, ada saat di mana konsumen adalah mitra.

Memberi Harga yang Paling Tepat untuk Konsumen Anda

Jika Anda meluncurkan harga produk yang baru dan lebih mahal, apa yang harus Anda lakukan dengan harga produk lama?  Beberapa bisnis akan menurunkan harga produk lama mereka untuk secara bertahap fase keluar dari pasar. Dengan menaikkan harga, Anda menaikkan harga referensi masyarakat setelah itu bisa meningkatkan nilai yang dirasakan dari produk baru.

Libatkan Konsumen Anda

Era teknologi informasi yang semakin maju bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan usaha Anda. Beranda media sosial Anda sekarang bisa untuk promosi kreatif. Tentu dengan cara yang bijak, yakni tidak membuat spam di beranda orang lain. Sering kali cerita-cerita pengantar yang menarik bisa membantu menentukan seberapa laku produk Anda. Untuk memperlakukan konsumen dengan baik, libatkan mereka dalam inovasi-inovasi yang Anda lakukan.

Selain menggunakan berbagai macam media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli. Di Indonesia ada banyak situs jual beli produk yang aman dan bisa mendatangkan keuntungan lebih besar karena jangkauannya lebih luas.

Bangun Kepercayaan dan Tingkatkan Pelayanan Penjualan

Bukan hanya mengandalkan brand, penjual juga harus membangun kepercayaan kepada customer yang setia. Kepercayaan akan membuat Anda berkembang lebih jauh, dengan target yang spesifik dan lebih tersegmentasi. Apalagi kalau memang menjual barang mahal dan mewah.

Tidak seperti produk kebanyakan, barang mahal tidak berusaha untuk menyenangkan semua orang, melainkan pelanggan yang memang memiliki keyakinannya tersendiri. Kepercayaan dari customer tetaplah yang paling penting karenma karena mereka lah kunci keberlangsungan bisnis Anda.

 

Ingin bisa meningkatkan kemampuan memperlakukan konsumen sebagai raja atau sebagai mitra demi perkembangan bisnis Anda? Ikuti seminar Profit Booster tanggal 25 Oktober 2017 di Solo. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!