4 Tips Sederhana Menjadi Pribadi Berkualitas

 

Bagaimana menurut Anda tentang pribadi yang berkualitas? Apakah mereka adalah yang mudah diterima di lingkungan manapun? Ataukah mereka yang disukai orang banyak? Menjadi pribadi yang berkualitas, tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Apa saja hal yang menandakan bahwa Anda pribadi berkualitas dan mudah diterima di manapun? Perhatikan tips ini.

 

1.Fokus pada Sesuatu yang Ada di Depan Mata

Fokus di sini bisa diartikan dalam arti sebenarnya. Saat berinteraksi dengan orang atau mengurus sesuatu, pastikan fokus pada hal tersebut dan tidak memecah perhatian. Prinsip utama dari masalah fokus ini adalah bahwa seringkali hanya ada sedikit hal yang berpengaruh besar terhadap hidup kita. Bahkan, pemahaman terhadap satu bidang yang mendetil itulah yang akan membuat seseorang mampu membuat karya-karya besar.

 

2.Berpikir sebelum Bertindak

Pada intinya, apapun yang akan kita lakukan, tidak ada yang bebas risiko. Untuk itulah kita perlu berpikir sebelum bertindak. Seperti seni mengambil keputusan, umumnya seseorang bisa membuat keputusan terbaik berdasarkan informasi dan pengalaman yang dimilikinya. Mengingat bahwa segala tindakan pasti memiliki konsekuensi masing-masing, maka berpikir sebelum bertindak menjadi sikap yang wajib dipegang.

Berpikir sebelum bertindak memang penting, tapi jangan sampai berlebihan dan menghabiskan waktu. Banyak sekali pilihan di depan mata saat kita akan bertindak. Jika kita mau memikirkan semuanya,  sampai kapan? Jangan-jangan malah tidak jadi bertindak.

 

3.Bisa Mengambil Keputusan dengan Cepat

Buktikan bahwa kita berani mengambil risiko. Apapun konsekuensinya harus dihadapi dengan penuh tanggung jawab. Kita juga tahu kalau tidak selamanya kita mendapat kesempatan untuk berpikir dalam waktu lama. Sering kali ada keputusan yang harus diambil dengan cepat.

Tanpa ada waktu untuk melakukan pertimbangan, hal-hal mendesak menuntut kita untuk segera mengambil sikap? Kalau sudah begini, lebih baik beri tantangan untuk diri sendiri.

 

4.Memiliki Prinsip yang Diyakini dalam Tindakannya

Sesekali coba tanyakan ke diri sendiri, apakah yang menjadi kesibukan Anda saat ini sudah dilakukan berdasarkan prinsip tertentu? Apapun profesi, peran, dan tanggung jawab Anda sehari-hari, atau rencana jangka panjang Anda, pastinya ada alasan mengapa Anda berada di posisi yang sekarang ini.