Memahami Waktu Terbaik Bagi Otak agar Lebih Produktif

 

Untuk mengatur waktu kerja dengan baik, ada baiknya kita mengerti waktu-waktu terbaik bagi otak. Seperti dikutip dari health.msn, ada delapan waktu tertentu di mana seseorang bisa menjadi produktif menjalankan tugas-tugasnya. Faktanya, otak manusia memiliki waktu-waktu terbaik kapan untuk menumbuhkan semangat, untuk kreativitas, untuk berpikir keras, untuk bersantai, dan lain-lain. Berikut ini adalah waktu-waktu terbaik bagi otak untuk menjalankan tugasnya.

 

1.Jam 7-9 Pagi: Waktu untuk Semangat Dan Gairah

Kadar hormon oksitosin berada di level tertinggi setelah bangun tidur. Waktu ini merupakan saat yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup, misalnya anak dan pasangan.

 

2.Jam 9 Pagi-11 Siang: Waktu untuk Kreativitas

Pada waktu tersebut, otak memiliki hormon kortisol atau ‘hormon stress’ yang cukup, sehingga dapat membantu memfokuskan pikiran. Waktu inilah yang merupakan waktu prima untuk belajar serta mengerjakan tugas yang membutuhkan analisis dan konsentrasi tinggi.

 

3.Jam 11-2 Siang: Waktu untuk Melakukan Tugas Sulit

Di antara jam 11 siang sampai jam 2 siang tersebut hormon melatonin atau ‘hormon tidur’ telah menurun tajam, sehingga tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban proyek atau pekerjaan yang berat atau yang paling sulit. Namun sebaiknya tetap tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan.

 

4.Jam 2 Siang-3 Sore: Waktu untuk Beristirahat

Cobalah beristirahat sebentar dari pekerjaan pada jam-jam ini karena rasa kantuk yang tidak tertahankan. Jika tetap harus bekerja dan melawan kantuk, cobalah berjalan-jalan sebentar, melakukan meditasi atau minum air putih. Hal ini bisa meningkatkan volume vaskuler dan sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

 

5.Jam 3-6 Sore: Waktu untuk Kolaborasi

Meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah. Pada saat ini otak akan merasa sangat lelah. Karena itu tak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda.

 

6.Jam 6 Sore-8 Malam: Waktu untuk Melakukan Tugas-Tugas Pribadi

Di antara jam tersebut, peneliti menemukan bahwa otak sudah masuk dalam tahap ‘pemeliharaan’ Waktu inilah bisa menjadi momen ‘me time’ untuk mengisi ulang energi setelah seharian beraktivitas.

 

7.Jam 8-10 Malam: Waktu untuk Bersantai

Pada malam hari ketika otak sudah lelah, merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh menjadi santai melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh santai atau rileks.

 

8.Jam 10 Malam ke Atas: Waktu Untuk Istirahat

Saat ini merupakan waktunya istirahat malam, khususnya tidur. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.