Ingin Lebih Cepat Wujudkan Impian? Mulailah Membuat Jurnal Harian

Diposting pada

Lebih Cepat Wujudkan Impian

 

Apakah Anda biasa membuat catatan di kehidupan sehari-hari Anda? Catatan di sini kita sebut dengan jurnal pribadi. Membuat jurnal secara teratur, dengan tulisan tangan, ternyata memberikan banyak manfaat. Meski belum semua orang merasakan manfaatnya. Apa saja alasannya mengapa kita perlu memiliki jurnal pribadi?

 

1. Membantu Merefleksikan Kehidupan Anda

Hidup ini bergerak dengan cepat, dan menulis jurnal pribadi menawarkan kesempatan untuk berhenti dan merenungkan segala sesuatu dalam hidup. Refleksi dapat membantu memastikan Anda melakukan apa yang perlu Anda lakukan dengan hidup Anda.

 

2. Membuat Anda Mewujudkan Impian dengan Cepat

Saat Anda mulai menuliskan impian Anda, Anda akan lebih mungkin untuk menetapkan batas waktu bagaimana mencapainya. Setelah Anda menetapkan timeline dan langkah-langkah yang akan Anda mulai ambil, Anda telah mengubah mimpi menjadi tujuan realistis yang akan jauh lebih cepat mencapai mimpi-mimpi itu, setelah Anda mulai menuliskan langkah-langkah tindakan dari apa yang akan Anda lakukan.

 

3. Mendorong Rasa Syukur

Gunakan jurnal pribadi untuk melacak semua hal yang Anda syukuri setiap hari. Jadikan ini kebiasaan yang dapat membantu Anda menjadi lebih optimis dan dapat mengingatkan Anda untuk menikmati hal-hal kecil dalam hidup setiap hari.

 

4. Memungkinkan Anda untuk Mengukur Pencapaian Anda

Mencatat prestasi Anda membantu Anda melacak kesuksesan yang Anda perolah dalam hidup. Meninjau ulang daftar pencapaian dapat sangat membantu ketika Anda mempertimbangkan apakah akan mengambil risiko lain atau tidak. Membayangkan saat kerja keras Anda telah terbayar, itu dapat menambah tingkat kepercayaan diri Anda.

 

5. Memberi Opsi Pemecahan Masalah

Pembuatan catatan pribadi bisa membantu Anda menganalisis opsi untuk pemecahan masalah. Anda dapat menuliskan plus minus dari setiap solusi dan benar-benar menganalisis solusi mana yang cenderung menghasilkan hasil terbaik. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi cara-cara kreatif untuk menyelesaikan masalah dan dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri tentang pilihan Anda.

 

6. Jurnal Mengurangi Stres

Membuat jurnal dapat membantu Anda mengurangi kekacauan mental dan stres. Alih-alih merasa seperti Anda harus melacak semua yang ada di kepala Anda, hanya dengan mengetahui bahwa Anda akan membuat jurnal nanti dapat membebaskan energi mental Anda untuk mengatasi tugas-tugas lain.

 

Apa Lagi Selain Itu?

Banyak orang tidak merasa nyaman membicarakan perasaan mereka dengan terbuka.  Menuliskan catatan atau jurnal pribadi bisa menjelaskan perasaan Anda tanpa takut dihakimi oleh orang lain. Menuliskan hal-hal tentang pengalaman, pikiran, dan perasaan Anda dapat membantu Anda mengembangkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang diri Anda. Menempatkan pena di atas kertas tentang apa yang muncul dalam pikiran Anda benar-benar membantu memberikan informasi tentang Anda.

Di luar hal-hal normatif di atas, ini juga penting sekali untuk Anda yang sedang mengembangkan ide kreatif dalam hal bisnis. Jadi apakah Anda sudah memiliki jurnal pribadi untuk mencatat hal-hal penting sehari-hari?




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar