4 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

Selain fokus kepada keuntungan finansial, bisnis juga perlu mempertimbangkan aspek lainnya seperti masalah lingkungan. Dalam menghasilkan produk, seringkali ada efek tertentu pada lingkungan. Belum lagi kalau sudah berbicara soal sesuatu yang pengaruhnya besar seperti global warming. Itulah mengapa, sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar pun harus ramah lingkungan.

Tren pelaksanaan program 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi langkah yang efektif untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, sekaligus membuka pasar baru.

Untuk membuat bisnis yang ramah lingkungan, mula-mula Anda bisa mengikuti pelatihan proses pembuatan produk daur ulang. Di internet tersedia berbagai inspirasi produk daur ulang. Berikut ini adalah ide bisnis ramah lingkungan yang bisa Anda coba.

1. Asesoris Dinding dari Keping Compact Disc

Keping Compact Disk atau CD yang sudah tidak terpakai ternyata masih ada manfaatnya. Contoh pemanfaatan keping CD bekas adalah untuk hiasan kamar. Cara membuatnya juga mudah. Berikan warna hitam pada piringan kemudian lukisan dengan motif favorit Anda.

2. Kerajinan dari Botol Bekas

Botol air mineral atau minuman bersoda seringkali dibuang begitu saja, padahal dari botol bekas yang tidak bernilai itu ternyata masih dapat dihasilkan berbagai produk kerajinan cantik yang bernilai tinggi. Berbekal kreativitas, maka botol bekas itu bisa menjadi ornament, tempat pensil, atau, hiasan rumah.

3. Ban Bekas untuk Pot Bunga

Ban mobil yang sudah tidak terpakai itu ternyata masih bisa dimanfaatkan menjadi sebuah pot bunga cantik dengan aneka warna. Untuk cara pembuatan kerajinan tangan ini juga relatif mudah, hanya memerlukan tiga tahapan pembuatan yaitu tahap pembentukan pola, pemotongan, dan tahapan akhir pewarnaan.

4. Dekorasi Interior dari Kardus Bekas

Untuk bisa mempercantik dekorasi interior kamar ternyata tidak harus selalu mengeluarkan biaya tinggi. Ada salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai lampu hias. Bahan itu adalah kardus bekas. Kerajinan dari kardus bekas seperti ini tidak terlalu rumit dibuat.

Cukup dengan ketrampilan dan bekal kreativitas, bahkan Anda juga bisa menjadikan lampu hias ini sebagai produk bisnis Anda. Bisnis kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa dikerjakan dari rumah dan mendatangkan keuntungan yang besar bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

 

Siapapun yang menjalankan bisnis tentunya memiliki fokus untuk meningkatkan profitnya. Untuk meningkatkan profit bisnis Anda, ikuti seminar Profit Booster di Aston Solo Hotel, pada tanggal 25 Oktober 2017. Info lebih lanjut: 08112652244.