5 Langkah mengatasi tekanan Wirausaha.

 

Saat Anda memutuskan jalan hidup untuk berwirausaha, pahamilah sejak awal bahwa Anda memasuki semacam ‘medan perang’ yang penuh perjuangan. Setiap pengusaha mengalami proses yang berbeda-beda, namun dengan tujuan serupa: bahwa mereka berusaha mengembangkan bisnisnya.

Yang masih pemula, mungkin akan merasakan naik dan turunnya bisnis yang ditekuni. Semua orang yang berkecimpung di dunia wirausaha pasti akan menghadapi fase yang penuh tantangan. Bukan soal seberapa besar tantangan itu, tapi bagaimana cara meresponnya. Anda pernah merasa tertekan saat berwirausaha? Tenang, lakukan 5 langkah ini.

 

1.Delegasikan Pekerjaan Anda

Memang Anda yang paling mengrti seluk beluk pekerjaan Anda, tapi ada saat di mana Anda perlu mencari orang-orang yang tepat untuk membantu pekerjaan Anda. Ketika Anda meninggalkan kantor pun, tetap ada orang-orang yang Anda percaya untuk mengatur kegiatan harian. Bagian utama dari hal ini adalah memastikan komunikasi lancar antara Anda dan tim. Salah satu caranya adalah dengan memiliki pertemuan rutin mingguan untuk tetap menjaga fokus tim sambil melakukan update terhadap hasil kerja tim.

 

2.Take a Break!

Terlepas dari betapa sibuknya Anda, coba tinggalkan kantor setidaknya untuk istirahat selama 30 menit. Bisa digunakan untuk makan siang, minum the, atau sekadar berjalan-jalan di area kantor. Ini cara yang telah terbukti bisa menjaga kestabilan konsentrasi dan energi seharian.

 

3.Penuhi Jam Tidur Anda

Idealnya, Anda bisa menargetkan tujuh hingga sembilan jam per malam. Kurang dari itu, telah terbukti memiliki efek merusak pada fungsi kognitif dasar seperti memori dan kemampuan fokus. Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, dan dapat bermanfaat bagi jantung Anda, berat badan dan pikiran. Tidur yang cukup juga membantu Anda mempraktikkan keterampilan yang Anda pelajari saat terjaga.

 

4.Sempatkan Berolah Raga

Saat Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin. Zat kimia ini berinteraksi dengan reseptor dalam otak yang memicu perasaan positif ke dalam pikiran. Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di pusat kebugaran. Cukup dengan latihan yang singkat, tapi dengan intensitas yang rutin akan bisa memberi manfaat lebih banyak dibanding latihan berat tapi tidak rutin.

 

5.Belajar Bersikap Melepaskan

Banyak pengusaha yang cenderung berpikir bahwa mereka dapat melakukan segala peran di usahanya sendiri. Pada titik tertentu, pengusaha harus bisa bersikap yang berbeda. Salah satu tantangan terbesar adalah belajar untuk bersikap melepaskan. Melepaskan apa dan bagaimana?

Seperti pada poin 1, secara teknis Anda sudah bisa mendelegasikan tugas kepada tim. Tapi, jangan lupa untuk sesekali melepaskan apa yang sedang berlangsung dan membuat mereka mandiri. Melepas di sini tidak 100% lepas dari kendali Anda. Anda bisa kembali lagi di saat yang tepat.