langkah Seorang Financial Planner

 


Ada banyak hal yang perlu direncanakan untuk mewujudkan masa depan yang cerah. Salah satunya aspek keuangan. Urusan keuangan memang menjadi PR tersendiri, baik untuk perusahaan besar, startup, UMKM, keluarga, maupun individu. Ada orang yang sudah yakin melakukannya sendiri, ada yang membutuhkan perencana keuangan (financial planner).

Sebelum Anda berkonsultasi dengan perencana keuangan Anda, tahukah Anda bahwa ada enam langkah dalam proses perencanaan keuangan yang diakui secara internasional? Persiapkan diri Anda dengan 6 langkah ini dan ikuti prosesnya

 

1.Membangun Hubungan Profesional dengan Perencana Keuangan

Sebelumnya, Anda dan perencana keuangan harus sepakat tentang berapa lama hubungan profesional itu berlangsung dan bagaimana keputusan terkait keuangan akan dibuat. Perencana harus menjelaskan sepenuhnya bagaimana skema pembayarannya. Perencana keuangan harus dengan jelas menjelaskan atau mendokumentasikan layanan yang akan diberikan kepada Anda dan mendefinisikan tanggung jawabnya dan Anda.

 

2.Kumpulkan Informasi, Termasuk Tujuan Anda

Di sini perencana keuangan membutuhkan informasi tentang situasi keuangan Anda. Kedua pihak harus saling menentukan tujuan, memahami kerangka waktu Anda untuk membahas hal-hal yang dibutuhkan. Termasuk bagaimana kesiapan Anda dengan risiko yang muncul. Perencana keuangan harus mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan sebelum memberikan saran yang Anda butuhkan.

 

3.Analisis dan Evaluasi Status Keuangan Anda

Perencana keuangan harus menganalisis informasi Anda untuk menilai situasi Anda saat ini dan menentukan apa yang harus Anda lakukan untuk memenuhi tujuan Anda. Bergantung pada layanan apa yang Anda minta, ini dapat mencakup menganalisis aset, kewajiban, dan arus kas Anda, perlindungan asuransi saat ini, investasi atau strategi pajak.

 

4.Memberikan Rekomendasi Perencanaan Keuangan dan  Alternatif yang Dibutuhkan

Perencana keuangan harus menawarkan rekomendasi perencanaan keuangan yang membahas tujuan Anda, berdasarkan informasi yang Anda berikan. Ia juga membahas rekomendasi dengan Anda untuk membantu Anda membuat keputusan. Pada saat tertentu, perencana keuangan juga harus mendengarkan kekhawatiran Anda dan merevisi rekomendasi yang lebih sesuai.

 

5. Terapkan Rekomendasi yang Diberikan

Anda dan perencana harus menyetujui bagaimana rekomendasi akan dilaksanakan. Perencana keuangan dapat melaksanakan rekomendasi atau berfungsi sebagai coach Anda, mengoordinasikan seluruh proses dengan Anda dan profesional lainnya seperti pengacara atau pialang saham.

 

6.Pantau Perkembangannya

Anda dan perencana harus menyetujui siapa yang akan memantau kemajuan Anda menuju tujuan Anda. Jika perencana bertanggung jawab atas proses tersebut, ia harus melapor kepada Anda secara berkala untuk meninjau situasi Anda dan menyesuaikan rekomendasi, jika perlu, ketika kehidupan Anda berubah.

(entrepreneurmag.co.za)



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar