6 Perusahaan Terbesar di Indonesia.

Di Indonesia terdapat perusahaan swasta maupun negara yang konsisten mampu mengembangkan bisnisnya. Bahkan, sederet nama perusahaan besar itu masuk ke dalam peringkat perusahaan terbesar di dunia menurut Forbes.com.

Forbes memakai 4 kriteria dalam menentukan perusahaan masuk ketegori besar dunia, yaitu pendapatan, laba, aset, dan nilai pasar.

Berikut ini adalah 6 perusahaan terbesar di Indonesia :


1. Bank Negara Indonesia (BNI) (Pendapatan: US$ 4,4 miliar)

Bank Negara Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah. BNI sendiri dikenal sebagai bank komersial tertua di Indonesia yang didirikan pada 5 Juli 1946. Saat ini telah memiliki lebih dari 914 kantor cabang di seluruh Indonesia dan 5 kantor cabang di luar negeri.

Beberapa perusahaan yang termasuk dalam anak perusahaan PT BNI Tbk adalah BNI Remittance Limited, PT Bina Usaha Indonesia, PT BNI Multi Finance, PT Pembiayaan Artha Negara, PT Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, dan PT Asuransi Tri Pakarta.

2. Bank Central Asia (BCA) (Pendapatan: US$ 4,8 miliar)

PT Bank Central Asia Tbk atau yang lebih dikenal dengan BCA merupakan bank swasta yang didirikan pada 21 Februari 1957. BCA pernah menjadi bank negara akibat krisis tahun 1998. Saat ini, Farindo Investment Ltd memegang saham BCA sebesar 47.15%, di bawah pemegang saham umum yaitu masyarakat sebesar 49.94%.

3. Gudang Garam (Pendapatan: US$ 5,7 miliar)

PT Gudang Garam Tbk merupakan perusahaan rokok tertua dan terbesar ke lima setelah Djarum dalam produksi rokok kreket. Perusahaan rokok asal Indonesia ini pertama kali didirikan oleh Surya Wonowidjojo pada 26 Juni 1958.

4. Bank Mandiri (Pendapatan: US$ 7,5 miliar)

Berdirinya Bank Mandiri sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan dan merupakan penyatuan dari empat bank pendahulu yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan juga Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Bergerak di industri jasa keuangan, Bank Mandiri termasuk dalam Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 oleh Pemerintah Indonesia. Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memiliki kantor pusat di Jakarta dan dikenal sebagai bank terbesar di Indonesia dinilai dari aset, pinjaman, serta deposit. Produk yang ditawarkan dari Bank Mandiri antara lain Mandiri Tabungan, Mandiri Deposito, e-Toll Card, dan lain-lain.

5. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Pendapatan: US$ 8,3 miliar)

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank milik pemerintah yang awalnya didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, 16 Desember 1895. Sejak awal didirikan, BRI tetap konsisten untuk memfokus produk mereka pada pelayanan kepada masyarakat kecil dengan memberikan berbagai fasilitas kredit pada pengusaha kecil.

Selain itu, tercermin juga dari perkembangan penyaluran Kredit Usaha Kecil tahun 1994 dengan nominal sebesari Rp 6.419,8 miliar dan meningkat menjadi Rp 8.231,1 miliar pada tahun 1995. Pemegang saham BRI adalah pemerintah Republik Indonesia dengan persentase mencapai 56.75% dan publik sebesar 43.25%.

6. Telkom Indonesia (Pendapatan: US$ 8,7 miliar)

Telkom sendiri merupakan salah satu BUMN yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia yaitu sebesar 52.57% dan sisanya dimiliki oleh publik, Bank of New York, serta investor dalam negeri. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau dikenal dengan sebutan Telkom adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta sebagai penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi lengkap di Indonesia.

Demikian artikel tentang 6 Perusahaan Terbesar di Indonesia.

Bicara soal perusahaan besar berarti menyangkut kestabilan perusahaan. Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana rahasianya para pengusaha mengelola perusahaan besar.

Anda bisa mengikuti TFCC (Training for Candidate Coach) pada bulan Juli 2017. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

whatsapp

6 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Terkait : 6 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Pelatihan Bisnis, Pelatihan Bisnis Indonesia

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!