Agar Hidup Anda Naik Level

 

Apakah jadinya kalau kehidupan berjalan tanpa gejolak? Pada awalnya memang nyaman, tapi lama-lama tentu ada bagian diri kita yang memberontak. Banyak orang yang melakukan sesuatu yang cenderung aman-aman saja karena tidak ingin menemui masalah. Ada juga yang berani mengambil risiko dan tantangan karena dorongan rasa penasaran, meskipun harus menemui masalah.

Masalah yang datang dalam berbagai bentuk memang untuk dihadapi dan diambil pelajarannya, bukan untuk dihindari. Dalam kehidupan ini, kita memang diciptakan tidak melulu untuk merasakan indahnya. Tapi juga ada ujian yang perlu dilalui untuk bisa ‘naik ke level berikutnya’. Naik level kehidupan ini bisa berlaku untuk kehidupan pribadi maupun profesional. Kira-kira Anda ingin lakukan apa agar hidup Anda naik level? Berikut beberapa ide yang bisa dicoba.

 

Belajar Hal Baru

Hal baru ini tidak harus 100% baru atau sesuatu yang Anda mulai dengan 0 pemahaman. Tapi bisa saja hal yang pernah dilakukan, tapi dicoba lagi dengan cara yang baru. Mempelajari hal baru bisa memberikan pengalaman baru dan skill yang meningkat. Jadi cobalah hal-hal baru agar skill Anda meningkat. Dangan skill baru yang menunjang hidup Anda, maka Anda pun lebih mudah naik level dari sebelumnya.

 

Mengubah Niat dalam Bekerja

Anda sehari-hari sibuk apa? Meskipun sibuk, pastikan untuk selalu melakukan aktivitas itu dengan sadar. Anda di posisi mana dan ingin ke mana Anda menuju. Keterampilan apa yang harus diasah, apa alasan Anda berjuang, siapa yang mendapat manfaat dari perkembangan karir Anda. Bisa juga Anda lakukan evaluasi diri dengan mengubah niat dalam berbisnis. Dari yang berorientasi profit menjadi berorientasi sosial. Bukan berarti profit usaha itu tidak penting, justru sangat penting. tidak perlu ditanyakan lagi. Tapi ke mana keuntungan itu akan dibawa. Manfaat apa yang Anda berikan untuk kehidupan manusia pada umumnya.

 

Berkolaborasi dengan Orang Baru

Sejak awal kita paham bahwa tidak ada hal besar yang bisa dilakukan sendiri. Maka dari itu, berbagai proyek kebaikan akan lebih berdampak apabila dilakukan bersama-sama. Entah itu dengan teman yang sudah kenal lama maupun orang yang baru kenal tapi memiliki visi yang sama. Untuk bisa kolaborasi dengan orang baru, samakan dulu frekuensi pembicaraan.

Bisa dibilang bahwa ini adalah salah satu mekanisme mendasar dari pikiran saat berinteraksi dengan orang lain. Kesamaan frekuensi pembicaraan bisa dimulai dengan mengajukan pertanyaan. Tentu saja, jika Anda bertanya tentang orang lain, mereka juga ingin belajar tentang Anda. Kemungkinannya untuk bersedia bekerja sama dengan Anda akan meningkat, begitu juga empatinya.

Apa lagi yang bisa dilakukan agar hidup Anda naik level?

[Bersambung ke Part #2]