Traveling Bisa Membuat Anda Lebih Terbuka

 

Ketika masih kecil dulu, mungkin kita tidak dapat membayangkan diri kita mampu berkeliling dunia sendirian. Tapi ada saatnya, kita sering bepergian sendiri, dan kita melakukannya dengan senang hati. Tidak menakutkan atau berbahaya seperti saat Anda membayangkan dulu.

Bepergian atau tinggal di suatu tempat di mana Anda merasa bersemangat, penasaran, dan tertantang pada saat yang sama, itu dapat membantu Anda menguatkan mental dan emosional. Itu membuat Anda memiliki ketahanan mental.

Selain itu, menghadapi kesulitan dalam lingkungan yang tidak dikenal, di antara orang-orang baru, itu memaksa Anda untuk belajar dan beradaptasi dengan kehidupan di luar zona nyaman Anda. Ini membuat Anda lebih fleksibel, sabar, kuat secara emosional, dan memecahkan masalah secara efektif. Ini juga dapat membantu Anda menghadapi ‘masalah yang lebih besar dalam hidup dengan lebih banyak rasa syukur dan kesabaran.

 

Lebih Tenang dalam Segala Situasi

Satu dari sekian kemungkinan, sebagaimana traveler lain, Anda pun bisa saja mendapat pengalaman terburuk pada perjalanan. Misalnya uang Anda dirampok orang tak dikenal atau paspor Anda hilang sehari sebelum pulang ke rumah. Meskipun itu tidak diharapkan terjadi dan bisa diantisipasi, tapi itu bisa mengajari kita untuk menerima situasi seperti itu dengan lebih tenang.

Kita harus belajar menerima situasi dan menyesuaikan perjalanan, tanpa meributkan hal yang tidak penting. Sebelum mengalami situasi itu, Anda mungkin tidak yakin akan memiliki ketenangan yang sama dalam situasi ini, beberapa tahun yang lalu. Sekarang, kita bisa mengatasi situasi stres dengan sangat cepat, tanpa lama-lama terjebak pada sebuah masalah. Semakin banyak tantangan yang Anda hadapi, semakin baik Anda mengatasinya, akhirnya Anda menjadi lebih tangguh, secara mental dan emosional.

 

Traveling Meningkatkan Kreativitas

Menurut Adam Galinsky, seorang profesor di Columbia Business School, “mengunjungi tempat asing dan membenamkan diri di lingkungan lokal mereka, bisa meningkatkan fleksibilitas kognitif Anda. Ini juga meningkatkan kedalaman pikiran Anda, sekaligus memberi dorongan untuk kreativitas.” Selain itu, perjalanan dalam waktu yang lebih lama juga bisa meningkatkan produktivitas, keterampilan memecahkan masalah dan bahkan dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipromosikan di tempat kerja.

Namun, “penting untuk diingat bahwa liburan dapat menjadi sangat menegangkan bagi sebagian orang,” catatan dari Greenberg. Jika itu terjadi pada Anda, cobalah mengambil ‘liburan singkat dan terstruktur’ untuk sekadar membiasakan diri menikmati waktu istirahat, sarannya. Juga, rencanakan perjalanan Anda dengan benar, terlebih dahulu, untuk menghindari kepanikan dan kekacauan di menit terakhir.

Terakhir, bagaimana Anda dapat memetik manfaat setelah kembali dari perjalanan? Pemaknaan lain adalah mengingat saat-saat damai yang Anda miliki saat berlibur dan mencoba mengingat apa yang berbeda dari kehidupan Anda saat ini. “Sebagai seorang yang bekerja di bidang kesehatan, saya mendorong orang untuk berpegang pada aspek pengalaman perjalanan atau liburan yang menyenangkan,” kata Greenberg.

Misalnya, “jika Anda menyukai makanan di Paris, pelajari cara memasak makanan Prancis untuk menciptakan kembali beberapa perasaan yang Anda miliki saat berlibur,” Sekarang setelah Anda selesai membaca tentang semua hal indah yang terbentuk dari perjalanan, saatnya untuk berkemas dan pergi!