Traveling Bisa Membuat Anda Lebih Terbuka

 

Barangkali kita sepakat bahwa, pada umumnya, orang-orang tidak suka untuk terikat pada satu tempat di sepanjang kehidupan mereka. Tidak sedikit orang yang merasa ‘terjebak’ ketika harus berada di tempat yang sama untuk waktu yang lama. Tanpa bisa bergerak dan menjelajahi tempat dan suasana lain.

Itulah mengapa traveling menjadi kebutuhan dan gaya hidup, khususnya masyarakat modern yang sibuk. Bahkan aktivitas merencanakan perjalanan memberi kita sesuatu yang membawa kita pada suasana kebahagiaan. Simak penjelasan yang diringkas dari forbes.com berikut ini

 

Traveling Memberikan ‘Keajaiban’ bagi Kesehatan Mental

Apa hal pertama yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata traveling? Liburan? Bertemu orang baru? Tiket perjalanan? Aktivitas bepergian bisa menyenangkan dan membuka pandangan baru, dan itu jauh lebih dari sekadar foto yang instagramable. Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa menjelajahi tempat baru dapat memberikan ‘keajaiban’ bagi kesehatan mental.

“Tekanan kerja dan tuntutan harian dapat mengalihkan perhatian kita dari apa yang benar-benar bermakna dan menarik,” demikian kata Dr. Tamara McClintock Greenberg, seorang psikolog klinis yang berpusat di San Francisco. Dengan demikian, mengambil jeda sejenak dan istirahat dari hiruk-pikuk harian sangat penting bagi pikiran Anda untuk bersantai, refreshing, dan mengisi ulang energi.

 

Memulihkan Diri Setelah Transisi Besar dalam Hidup Anda

Traveling, ke manapun itu, akan memunculkan kebahagiaan dan membantu Anda mengalihkan pikiran dari situasi yang menekan. Ini juga membantu kita merefleksikan tujuan hidup dan tujuan pribadi. Menjelajahi tempat baru juga dapat memberi Anda kesan yang baik pada awal yang baru jika Anda baru memulihkan diri, setelah transisi besar dalam hidup Anda.

 

Memperluas Pemikiran Anda dengan cara yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Sebuah perjalanan baru, terutama ke negara asing, dapat membantu Anda mengevaluasi kembali dan menemukan kembali kehidupan Anda. Jika Anda sempat memaknainya lebih mendalam, perjalanan memiliki kemampuan untuk memperluas pikiran Anda dengan cara yang tidak pernah Anda sadari.

Selain itu, pelajaran berharga yang Anda pelajari di sepanjang perjalanan memperluas perspektif Anda, membuat Anda lebih sadar dan terbuka terhadap hal-hal baru. Orang-orang yang suka bepergian ke tempat-tempat dengan budaya yang berbeda, mereka akan berpikir dan ‘bercermin’ tentang diri mereka sendiri.

Orang-orang di masyarakat yang berbeda budaya, tidak berarti lebih baik atau lebih buruk. Hanya berbeda saja. Tetapi, berhadapan dengan perbedaan-perbedaan itu membantu kita mengevaluasi kembali prinsip dan nilai diri sendiri dan, kadang, mengubahnya.