3 Pertanyaan pada Diri Sendiri Agar Anda Lebih Fokus pada Kemampuan Terbaik

Pada saat tertentu mungkin kita ingin memiliki banyak kemampuan. Di luar dari pekerjaan yang sifatnya teknis, mungkin kita pernah mengalami masa-masa ketika kita ingin tahu banyak hal.

Ya, mungkin ada orang yang begitu berbakat untuk beberapa hal sekaligus, tapi pada akhirnya mereka mengakui kalau mereka hanya menguasai pada tingkat basic (dasar) tidak sampai jadi keahlian (expertise). Meskipun memiliki banyak kemampuan (multitalented) terlihat hebat, tapi dari semua kemampuan itu manakah yang menjadi identitas? Manakah yang dikuasai mendalam?

Ketika Ingin Fokus di Salah Satu Bidang, Bagaimana Caranya?

Pertanyaannya, bagaimana cara ketika ingin fokus di salah satu bidang? Coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut agar Anda lebih fokus pada kemampuan terbaik.

1. Aktivitas Apa yang paling Anda Cintai Selama Ini?

Coba sejenak luangkan waktu Anda untuk memikirkan apa yang Anda suka dan apa alasannya. Itulah clue pertama ke mana Anda harus berfokus. Kalau perlu ambil resume atau  CV Anda yang terbaru, lalu lihat kembali semua aktivitas dan tanggung jawab Anda beberapa tahun terakhir. Perhatikan kembali tentang kegiatan sekolah, komunitas, peran-peran kerelawanan, atau ekstrakurikuler yang pernah Anda lakukan.

2. Pekerjaan Apa yang Paling Mudah untuk Anda?

Ketika sudah selesai menjawab pertanyaan nomor 1, dan menemukan lebih dari satu jawaban, maka lakukan yang ini. Kalau perlu bertanyalah kepada teman-teman Anda, atau siapapun mereka yang Anda percaya. Tanyakan pada mereka, bagaimana sosok diri Anda di mata mereka?

3. Di mana Anda Biasa Menghabiskan Waktu?

Apa yang telah Anda pelajari mengenai kelebihan Anda? Kalau masih belum puas, coba ingat baik kebiasaan Anda. Apa hobi, kegiatan, atau tugas yang membuat Anda larut dalam momen tersebut? Meskipun larut dalam waktu lama, tapi Anda tidak merasa rugi. Nah, di situlah kemungkinan besar Anda harus memfokuskan diri.

 

Mengapa Harus Mengerjakan Banyak Hal?

Prinsip utama dari masalah fokus ini adalah bahwa seringkali hanya ada sedikit hal yang berpengaruh besar terhadap hidup kita. Ide untuk fokus pada satu hal sebenarnya bukan hal baru. Dalam dunia usaha juga seringkali sebagian besar keuntungan bersumber dari sedikit program yang dijalankan. Bahkan, pemahaman terhadap satu bidang yang mendetil itulah yang akan membuat seseorang mampu membuat karya-karya besar.

Pencarian Terbaru: