Merasa Terlambat Memulai Bisnis belajar ide bisnis

 

Usaha meningkatkan jumlah wirausahawan memang dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari swasta hingga pemerintah. Seringkali usaha itu ditujukan untuk kaum muda. Diasumsikan bahwa usia muda adalah momen yang tepat untuk melakukan inovasi, karena stamina anak muda yang masih tinggi untuk bekerja keras membangun bisnis.

Tapi ternyata orang yang sudah berusia setengah abad pun bisa memulai bisnis. Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis. Belajarlah dari tokoh-tokoh ini.

 

Momofuku Ando (Mie Instan Pertama di Dunia)

Pernahkah terbesit di benak Anda siapa yang memiliki ide membuat mie instan pertama di dunia? Dialah Momofuko Ando, laki-laki Jepang yang sempat melakukan uji coba dan gagal berkali-kali. Sampai pada akhirnya tanggal 25 Agustus 1958, saat Ando menginjak umur 48, ia memperkenalkan mie ramen ayam yang bisa diterima masyarakat.

 

Ray Kroc (McDonald’s)

Hari ini kita melihat lengkungan logo McDonald’s sebagai salah satu logo yang paling dikenal di dunia. Melalui visi dan gagasan besar untuk membuat McDonald’s menjadi yang terbaik, Ray Kroc menjadi salah satu pemimpin bisnis terdepan di dunia. Siapa sangka Ray Kroc merintis McDonald’s pada usia 52 tahun.

 

Colonel Sanders (KFC)

Colonel Sanders, lahir pada 9 September 1890. Beliau adalah sosok yang dikenal sebagai seorang pebisnis Amerika dan pendiri salah satu rumah makan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Sanders sempat berpindah-pindah tempat tinggal dan pekerjaan.

Konsep bisnis waralaba KFC berhasil dan dijual pada tahun 1964. Di Usia 75 tahun, bisnis KFC menjadi salah satu restaurant dengan petumbuhan cabang yang sangat banyak.

 

Tirto Utomo (Aqua)

Selain tokoh-tokoh dari luar negeri, ada baiknya kita juga belajar dari tokoh dari tanah air yang mencetuskan ide air mineral kemasan merk Aqua. Ternyata sang pencetus ide, Tirto Utomo, warga asli Wonosobo yang pernah bekerja untuk Pertamina waktu itu berpikir dengan cara lain. Awalnya, Aqua bernama Puritas.

Pembuatannya pun terpikirkan ketika di tempat kerja Tirto sering bertemu dengan orang luar negeri yang tidak mau minum air yang tidak ada dalam kemasan. Dengan demikian, produk air minum dalam kemasan itu dinilai lebih higienis.

Dengan demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis. Dari tokoh-tokoh di atas kita bisa belajar bagaimana mengelola bisnis meskipun di usia yang tak lagi muda.

 

Tapi jika sekarang Anda masih muda dan ingin mengembangkan kemampuan bisnis Anda, ikuti Workshop iGAME (iBiz Gerakan Anak Muda Entrepreneur) pada tanggal 27-29 April 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244