Ada saja hal-hal yang mesti disiapkan sebelum membuka usaha. Meskipun Anda sudah memahami tentang skill berkomunikasi, sudah paham tentang target pasar Anda, sudah paham tentang produk knowledge Anda, juga tahu bahwa harga Anda yang representatif, namun kadang masih ada permasalahan.

Salah satu masalah yang terkadang muncul adalah kurang terampil dalam strategi negosiasi. Bisa jadi perasaan grogi muncul secara tiba-tiba dan mengacaukan performa di depan konsumen. Rasa Percaya diri di depan konsumen itu bisa muncul seiring waktu. Nah, untuk membantu para pemula maupun pelaku usaha dalam meningkatkan rasa Percaya Diri, coba lihat langkah-langkah berikut :

Menggali Potensi Diri

Dalam membangun bisnis  baru, yang perlu dipastikan adalah bisnis itu sendiri harus memiliki potensi. Akan tetapi potensi itu tidak akan muncul ketika si pemilik usaha belum menyadari apa potensi dirinya. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa potensi diri merupakan kekuatan baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang di miliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau di pergunakan secara maksimal.

Secara umum, yang dapat di klasifikasikan sebagai potensi meliputi tingkat intelegensi, etos kerja, ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja, serta kepribadian yaitu pola menyeluruh semua kemampuan dan perbuatan yang di lakukan. kemampuan ini harus terus terasah seiring dengan berkembangnya bisnis.

Sering-Sering Latihan

Practice makes perfect. Itulah quote yang selalu berlaku sampai kapanpun dan bidang apapun, termasuk dalam menjual produk Anda. Cara paling realistis adalah perluas pergaulan. Konsumen yang akan Anda hadapi tentu saja berasal dari berbagai kalangan, berbagai macam usia, dan kepentingan. Semakin banyak interaksi dengan orang, maka kemampuan komunikasi akan meningkat dan tentu akan mengatasi grogi saat jualan.

Perhatikan Penampilan

Entah itu dalam bidang karir, kehidupan sosial, atau bahkan kehidupan dengan pasangan, seseorang akan selalu dinilai berdasarkan penampilannya. Agar lebih dihargai di lingkungannya banyak orang merogoh kocek yang tak sedikit untuk urusan penampilannya. Kita memang dibesarkan supaya tidak menilai buku dari sampulnya, namun nasihat itu sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah mengenal Anda secara pribadi. 

Penampilan memang ini tidak ada hubungannya dengan kemampuan sebagai seorang pebisnis namun berpakaian yang rapi dan selalu harum dapat membuat orang lain betah mengobrol berlama-lama.

Tertarik mengembangkan usaha Anda dan melakukan negosiasi yang efektif?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.