Begini Cara Belajar dari Kesalahan dan Memperbaiki Diri

Saat melakukan kesalahan, ada banyak kecenderungan manusiawi yang mungkin muncul, seperti menyangkal atau malah menyalahkan orang lain. Kesalahan-kesalahan mungkin terjadi, bahkan ketika merasa sudah berbuat yang terbaik.

Berani Mengakuinya

Ketika Anda bertanggung jawab pada kesalahan yang dibuat diri sendiri, itu artinya proses pembelajaran sedang berlangsung. Lebih baik ketika diikuti sikap berani mengakui bahwa Anda salah. Jika ternyata Anda telah melakukan kesalahan yang merugikan orang lain, sangat penting bagi anda untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Sesaat setelah Anda menyadari telah melakukan kesalahan, yang perlu dilakukan adalah mengakui dan belajar darinya. Anda hanya dapat belajar dari kesalahan jika diri sendiri telah berani mengakui bahwa Anda telah melakukan kesalahan.

Mengambil Pelajaran Penting

Bukankah semakin banyak tanggung jawab yang Anda pikul, semakin besar kemungkinan untuk melakukan kesalahan? Kesalahan yang Anda buat belum tentu buruk. Sebaliknya, jika seseorang menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka bisa jadi ia menghabiskan hidup dengan tidak melakukan apa-apa. Jadi mana yang lebih baik? Berbuat kesalahan memang bukan pilihan menyenangkan, mengingat kemungkinan merugikan orang lain. tapi, dari kesalahan yang pernah dibuat, bisa diperoleh pelajaran hidup yang begitu penting.

Melihat Mana yang Penting dan Mana yang Tidak

Seperti dilansir Lifehack, ada keuntungan dari membuat kesalahan, yaitu memperdalam pengetahuan, membantu melihat mana yang penting dan tidak, menginformasikan nilai-nilai, mengenali perubahan kondisi, dan mengetahui apa yang berhasil dan yang tidak. Kesalahan juga akan memacu diri agar lebih baik, berfungsi sebagai peringatan, mengarahkan diri sendiri menjadi lebih kreatif, dan mempercepat perubahan.

Memahami Akar Permasalahannya

Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam sebab. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya. Perlu diingat bahwa perasaan bersalah yang terus menerus tidak akan bermanfaat. Jadi anda tidak perlu menghakimi diri sendiri apalagi menyalahkan orang lain atau keadaan. Cukup belajarlah dari pengalaman agar tidak mengulangi hal yang sama.

Itulah cara belajar dari kesalahan dan memperbaiki diri. Nantikan Seminar Evaluation & Success Plan For Next pada bulan Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru:

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!