Inilah 6 Prinsip Terpenting yang Membuat Sebuah Produk atau Gagasan menjadi Viral

Pernahkah Anda bertanya bagaimana suatu hal lebih dikenal daripada yang lain? Mengapa beberapa konten marketing menjadi viral? Terkait sebuah produk misalnya, mengapa ada produk yang laris dan ada yang biasa saja?  Apakah sebuah konten jadi sangat populer itu terjadi karena kebetulan?

Ternyat tidak. Pertanyaannya adalah mengapa sebuah produk bisa menyebar layaknya virus? Komponen apa saja yang memungkinkan suatu produk bisa menjadi populer dibanding yang lainnya? Jadi bagaimana suatu produk bisa menjadi viral?

1.Social Currency  (Mata Uang Sosial)

Apa yang dimaksud dengan social currency? Intinya, social currency ini adalah tentang reputasi kita dalam pergaulan, khususnya di dunia maya. Umumnya setiap orang suka berbagi hal-hal yang membuatnya terlihat baik. Ketika bicara tentang keunggulan produk atau gagasan Anda membuat Anda terlihat lebih baik, maka Anda bisa melakukannya.

2.Trigger (Pemicu)

Trigger adalah segala sesuatu yang selalu ada di pikiran dan siap untuk diucapkan. Untuk membuat orang berpikir tentang produk atau gagasan Anda, tentu perlu mempertimbangkan konteksnya. Tujuannya adalah bagaimana Anda bisa menumbuhkan minat orang lain.

3.Emotion (Emosi)

Anda mungkin sudah memahami bahwa manusia itu makhluk yang cenderung melakukan sesuatu berdasarkan pertimbangan emosional. Prinsip yang ketiga ini lebih berfokus pada perasaan, yaitu bagaimana bentuk kepedulian Anda yang ditunjukkan dengan aktivitas berbagi. Yang perlu diperhatikan adalah apakah berbincang tentang produk atau gagasan Anda membangkitkan emosi? Bagaimana Anda bisa memelihara keterikatan emosi itu.

4.Public (Umum)

Setiap produk atau gagasan dibuat untuk terlihat dan untuk dikembangkan. Tentunya mereka tidak akan mengiklankan dirinya sendiri, artinya Anda perlu membuatnya menjadi lebih bisa diakses publik. Setelah publik menerima, baru mereka tergerak untuk menggunakannya.

5. Practical Values (Nilai Praktis)

Prinsip kelima ini adalah tentang manfaat praktis yang bisa didapatkan dari produk atau gagasan. Apakah produk atau gagasan Anda bisa membantu orang lain? Ketika manfaat itu sudah didapatkan, orang lain tentu akan tergerak untuk ingin menyebarluaskannya.

6. Story (Cerita)

Sebelum produk atau gagasab menjadi viral, satu hal yang perlu dimunculkan adalah sebuah informasi atau cerita. Poin ini bisa diwujudkan pada konsep promosi iklan yang mengandung cerita menarik dan bermanfaat bagi audiens. Setelah kita mengetahui 6 prinsip terpenting tersebut, kita bisa menjadikannya sebagai acuan ketika akan mempromosikan suatu produk atau gagasan.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!