Begini Cara Berkomunikasi dengan Lebih Baik Tanpa Harus Banyak Berkata-kata

Diposting pada



Cara Berkomunikasi dengan Lebih Baik Tanpa Harus Banyak Berkata-kata

 


Anda ingin bisa membaca bahasa tubuh orang lain? Atau ingin menjadi lebih terampil berkomunikasi nonverbal? Atau dua-duanya? Sebab dengan kemampuan keduanya, Anda bisa berkomunikasi, menjual, dan memimpin dengan lebih baik tanpa harus banyak berkata-kata.

Bahasa tubuh semestinya diterapkan secara selaras dengan kata-kata. Ketika Anda menjadi seorang penjual, jangan hanya fokus dengan diri sendiri, tapi pada customer juga. Amati bahasa tubuh calon customer untuk bisa ‘membaca’ pikirannya. Ingat bahwa mereka itu bukan hanya sumber keuntungan, tapi mereka adalah seorang pribadi yang unik yang perlu diperhatikan.

 

Membuat Orang Lain Lebih Nyaman

Mengapa bahasa tubuh itu menjadi penting untuk komunikasi bisnis? Karena bisa membuat suasana lebih nyaman. Pada saat seseorang mulai bicara untuk menawarkan produk atau jasa, disadari atau tidak, ia akan mendapati costumer yang merasa nyaman berbicara dengan orang yang setipe dengannya. Anda mungkin sudah paham prinsip mirroring. Mirroring ini tidak hanya berarti ‘meniru’, sebenarnya aktivitas atau tindakan yang Anda lakukan bisa berpengaruh ke lawan bicara. Ini adalah salah satu hal yang sangat terkait dengan komunikasi non verbal.

Ketika Anda antusias, maka customer juga antusias. Meniru di sini bisa dari gestur tubuh, gerakan-gerakan yang menjadi ciri khas pada saat dia berbicara. Ini penting supaya customer sebagai lawan bicara menemukan kenyamanan pada saat berbincang.

 

Tidak Ada Panduan yang Pasti, Tapi Bisa Dipelajari

Sebenarnya tidak ada panduan yang pasti untuk komunikasi nonverbal. Tapi beberapa isyarat tertentu; seperti gerakan, gerakan mata, atau nada suara tertentu dapat memberi arti khusus, bergantung pada ‘dengan siapa komunikasi itu dilakukan’.

Tapi jangan otomatis berpikir bahwa isyarat tertentu yang sudah umum, berarti bermakna sesuatu. Misalnya, hanya karena seseorang memiliki tangan (atau kaki) bersilang, itu mungkin tidak langsung diartikan sebagai orang yang tertutup untuk Anda. Mereka yang bersikap ‘dingin’, itu bisa jadi memang gaya pribadinya dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan Anda. Pertimbangkan berbagai faktor dan jangan langsung mengambil kesimpulan cepat.

Pesan-pesan nonverbal memang tidak mudah untuk dipelajari, tetapi mereka dapat dipelajari dan dikembangkan dengan banyak latihan. Anda pun bisa memberi feedback untuk diri sendiri, dengan cara merekam pembicaraan sendiri melalui. Karena video adalah alat yang baik, serta meminta teman-teman untuk membantu.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar