Cara Menghemat Pengeluaran pada Bisnis Anda

Urusan pengelola keuangan selalu menarik untuk dibahas karena memang harus dipahami oleh setiap pelaku bisnis, khususnya oleh para pelaku bisnis yang merintis dari nol. Pada saatnya, Anda pun perlu memikirkan bagaimana cara menghemat pengeluaran pada bisnis Anda.

1.Mengatur Cash Flow

Seringkali kelancaran bisnis dipengaruhi oleh kondisi perekonomian negara. Tapi, daripada rumit memikirkan hal besar terkait kondisi perekonomian, lebih baik pikirkan hal yang lebih riil yang bisa dilakukan.

Yang paling utama harus dipahami untuk menghemat pengeluaran pada bisnis Anda adalah bagaimana mengatur cash flow. Sebuah bisnis akan stabil dan dikatakan sehat ketika cash flownya lancar, karena darahnya perusahaan ada di cash flow.

Adapun jenis-jenis cash flow adalah seperti berikut; yang pertama adalah Operating Cash Flow (OCF) yang merupakan uang cash yang diperoleh dari kegiatan operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengeluaran, pendapatan dan berbagai biaya. Yang kedua adalah Financing Cash Flow (FCF), yaitu ketika Anda mendapat pinjaman bank.

Yang ketiga adalah Investing Cash Flow (ICF) yang merupakan kas yang muncul dari kegiatan investasi atau yang terkait dengan jual-beli aset.

2.Mengontrol Pendapatan dan Utang Piutang

Umumnya pendapatan itu cukup beragam jenisnya. Ada jenis pendapatan yang sifatnya riil dan ada yang sifatnya piutang. Pendapatan yang riil berarti pendapatan yang bisa langsung menghasilkan cash flow bagi bisnis Anda. Sementara itu, yang sifatnya piutang memerlukan proses untuk penagihannya.

Ada saatnya Anda tidak terhindarkan dari hal tersebut. Ketika memang tidak bisa dihindari, yaitu saat sudah memiliki hutang yang harus dibayar, perhitungkan strategi yang cermat. Buat rencana budget yang rinci dan memuat semua aspek yang terkait dengan pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

3.Mengembangkan Mindset Pebisnis yang Mandiri

Sebisa mungkin jadikan bisnis Anda mandiri, dalam arti meminimalisir hutang atau pinjaman.Pinjaman ke bank boleh dilakukan ketika cash flow sudah dalam kondisi surplus. Itulah mindset yang harus ditanamkan sejak awal. Pinjaman yang diambil itu bukan untuk menutupi biaya operasional, tapi untuk keperluan mengembangkan bisnis.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, ada baiknya untuk membuat strategi menghemat pengeluaran bisnis Anda, dan secara bersamaan bisa meningkatkan profit. Siapapun yang menjalankan bisnis tentunya memiliki fokus untuk meningkatkan profitnya.

 

Untuk meningkatkan profit bisnis Anda, ikuti seminar Profit Booster di Aston Solo Hotel, pada tanggal 25 Oktober 2017. Info lebih lanjut: 08112652244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!