Bagaimana Cara untuk Mengubah Diri Menjadi Versi Terbaik Diri Kita

 

Pada konteks yang lebih serius, hal-hal yang terlihat menyenangkan dari orang lain itu sebenarnya hanyalah apa yang bisa tampak di luar. Seperti pepatah Jawa kuno berikut ini: ‘urip iku mung sawang sinawang, mula aja mung nyawang sing kesawang.’. Arti dari pepatah itu adalah: hidup itu hanya tentang melihat dan dilihat, jadi jangan hanya melihat dari apa yang terlihat. Maka dari itu, jangan mudah menyimpulkan dari apa yang terlihat, dan tidak usah mencoba untuk terlihat seperti orang lain.

Suatu hari kita merasa lebih bahagia dibanding orang lain. Di hari yang lain kita melihat sesuatu berubah, kita ingin menjadi seperti orang lain. Tidak lama kemudian, kita kembali merasa lebih percaya diri dibanding orang lain. Lalu keadaan berubah dan berubah terus, pada akhirnya kita lebih nyaman dengan menjadi diri sendiri. Apakah selalu begitu? Mentalitas kita cenderung di-set untuk yakin bahwa kita punya kepribadian yang sudah bagus, sudah tepat, dan ‘inilah versi terbaik diri kita’.

 

Harus Jadi Seperti Apakah Kita?

Be yourself. Be ourselves. Sepanjang hidup, kita sudah mendengarnya ribuan kali. Tapi apakah memang kita harus menjadi seperti ini setiap waktu? Bagaimana dengan situasi interview kerja? Presentasi di depan klien penting? Atau bahkan kencan pertama? Tentunya kita bisa menyesuaikan bagaimana harus membawa diri.

Seperti apa sosok diri kita yang dianggap sifat asli itu tentunya sudah dipengaruhi banyak hal, misalnya acara apa yang kita tonton, buku apa yang kita baca, di kota mana kita tinggal, dan siapa teman-teman kita.

Karena satu dan lain hal mungkin kita ingin berubah karena mengikuti saran orang lain. nah, dalam situasi seperti ini kita tempatkan ‘be your self’ pada porsinya. Ingin menjadi seperti apa diri kita adalah tanggung jawab kita sendiri tentu atas kuasa Tuhan untuk menentukannya.

Intinya, dalam berbagai kondisi, kita pasti menghadapi situasi ingin mengubah sesuatu. Perubahan apa yang terjadi di luar diri kita bukanlah kuasa kita, tapi kita punya satu pilihan yang pasti: mengubah apa yang ada pada diri sendiri.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!