Begini Cara Menjadi Motivator bagi Diri Sendiri Mulai dari Langkah Terkecil

Motivasi bukanlah salah satu bentuk sihir khusus atau serupa makhluk yang keluar dari botol. Tidak ada yang tersembunyi tentang itu. Setiap penulis, pembicara, dan life coach yang inspiratif memiliki kiatnya sendiri. Intinya motivasi adalah sesuatu yang bisa kita atur sendiri.

 

Kenyataannya untuk tetap termotivasi memang tidak semudah itu.

Jadi bagaimana kita bisa tetap termotivasi saat masih begitu banyak hal yang harus diselesaikan tapi tiba-tiba gangguan datang. Katakanlah komplain dari klien, telepon yang menyita waktu, atau Anda kelelahan pada saat yang sama. Barangkali dalam rentang waktu yang lebih panjang, Anda tidak dapat menemukan waktu dalam sehari untuk mengerjakan proyek pribadi?

 

Rencanakan Hasil Akhirnya

Buatlah daftar mengapa alasan Anda ingin mencapai tujuan. Dalam dunia kita yang sibuk, mudah untuk terdistraksi, inilah sebabnya mengapa Anda harus menempatkan diri Anda pada tujuan Anda. Tetapkan tujuan yang jelas dari sesuatu yang Anda usahakan dan visualisasikan secara detail. Lihat, rasakan, dan dengar suara yang menyertai hasil akhirnya.

 

Gerakkan Tangan Anda untuk Menulis Daftar Target

Tulis daftar target Anda dengan pena. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita menulis dengan tangan, kita melibatkan otak lebih aktif dalam prosesnya. Karena mengetik adalah fungsi otomatis yang hanya melibatkan pemilihan huruf, jadi hanya ada sedikit koneksi mental.

 

Lakukan Satu Per Satu, Memulai Langkah Terkecil dan Realistis

Sumber utama stres dalam hidup kita berasal dari perasaan bahwa kita memiliki sejumlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Jika Anda mengambil proyek dan mencoba melakukan semuanya sekaligus, Anda akan kewalahan. Begitulah kata Tony Robbins, yang bisa dibilang dialah pembicara motivasi paling utama dan pelatih pengembangan pribadi.

Jadi bagilah tujuan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Pilah-pilah menjadi langkah-langkah realistis terkecil dan lakukan satu per satu. Neuroscience memberitahu kita bahwa setiap keberhasilan kecil memicu pusat penghargaan otak, melepaskan dopamin kimiawi yang baik. Ini membantu memusatkan konsentrasi kita dan mengilhami kita untuk mengambil langkah serupa lainnya. Jangan lupa saat Anda memiliki strategi, tetapi bersiaplah untuk mengubah arah.