Cara untuk Tetap Optimis setelah Usaha Anda Mengalami Kegagalan

Diposting pada



Bagaimana Cara untuk Tetap Optimis setelah Usaha Anda Mengalami Kegagalan

Setiap usaha yang baru dimulai maupun usaha yang telah lama berjalan akan selalu berhadapan dengan risiko mengalami kegagalan. Tapi, risiko itu adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan bukan untuk dihindari. Satu-satunya sikap yang harus diambil adalah menghadapinya. Menghindari kegagalan mungkin saja dilakukan, tapi caranya adalah dengan tidak melakukan apapun. Tentu saja itu bukan pilihan bijak.


Menghadapi risiko kegagalan sekaligus menyiapkan langkah untuk mengatasinya adalah bentuk dari kerja keras, sikap hati-hati, kecermatan membaca peluang, dan kesiapan menghadapi segala kemungkinan. Ada saatnya kita sudah menyusun rencana sedemikian rupa, tapi hasilnya belum maksimal. Lalu bagaimana cara untuk tetap optimis setelah usaha Anda mengalami kegagalan?

Memahami Perlunya Kegagalan

Disadari atau tidak, kegagalan berbinsis itu sebenarnya merupakan pembelajaran untuk membangun keahlian. Kegagalan di dalam membangun usaha adalah pelajaran mahal yang belum tentu didapat di sekolah formal.  Kegagalan juga berpotensi menciptakan pilihan-pilihan baru.

Memikirkan Kebermanfaatan kepada Orang Banyak

Anda yang fokus menjalankan usaha adalah sosok yang hebat karena apa yang Anda kerjakan tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga bermanfaat untuk orang banyak. Sebab pada akhirnya aktivitas bisnis adalah memberi manfaat dan nilai lebih melalui produk atau jasa yang dijual. Yang bisa Anda bagi kepada orang banyak bukan hanya produk, tapi juga pengalaman mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnis.

Memiliki Keberanian

Sudah tidak diragukan lagi kalau entrepreneur itu berani mengambil langkah besar untuk kesuksesan. Mereka juga memiliki intuisi dan kepekaan, serta tidak ragu untuk mengatakan ‘tidak’ ketika ada tawaran yang tidak menguntungkan bagi kedua pihak. Entrepreneur sejati juga tidak merasa takut dengan persaingan, karena persaingan keras seringkali bisa mendorong kemajuan.

Pentingnya Bersikap Optimis Menghadapi Kegagalan

Kegagalan dalam salah satu usaha itu penting agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama di kemudian hari. Sikap optimis bisa dimunculkan dengan menciptakan keberhasilan-keberhasilan kecil sepanjang hari di dalam aktivitas yang dikerjakan. Itu memungkinkan Anda mendapatkan energi positif. Ketika sudah menjadi kebiasaan, hal ini bisa mengatasi kegagalan dan memunculkan optimisme.

 

Ikuti Seminar Bisnis Be a Magician Sales di Hotel Royal Heritage Solo tanggal 22 November 2017. More info: 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar