Ternyata Faktor Inilah yang Paling Berpengaruh untuk Kesuksesan di Berbagai Bidang Kehidupan

Kecerdasan intelektual atau IQ (intelligence quotient) selama ini dianggap paling menentukan keberhasilan. Padahal faktor itu ternyata hanya berpengaruh sebesar 20% dari seluruh kemampuan diri kita. Sementara itu, kecerdasan emosional ternyata punya andil cukup besar, yakni 40%.

Faktor emosional ini berpengaruh besar pada keberhasilan dalam hidup, sehingga perlu dikelola dengan baik. Yang pasti, kecerdasan emosi bisa membuat manusia mampu memahami imajinasi, tugas-tugas, dan pilihannya di dalam hidup.

Berpengaruh kepada Kesehatan Fisik

Aspek emosi ini tidak hanya menyangkut tentang masalah psikologis saja, tapi juga ada pengaruh dengan kesehatan fisik. Sikap memendam emosi akan memberikan tekanan mental dan menyebabkan stres. Sebisa mungkin ungkapkan semua hal yang mengganggu pikiran dengan bahasa yang pantas. Karena memendam emosi bukanlah jalan keluar untuk masalah, maka kita perlu mengekspresikannya untuk mengurangi beban pikiran dan mental. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi.

Memancarkan Energi Positif

Ketika seseorang memiliki keadaan emosi yang stabil, ia akan lebih memancarkan energi positif. Langkah awal yang penting untuk mengatasi kepekaan emosional adalah identifikasi perasaan, alias mengenali baik-baik apa yang sedang dirasakan saat ini. Apakah yang sedang dirasakan? Merasa berbunga-bunga, kecewa, atau bahkan sedih dan marah?

Jujur kepada Diri Sendiri

Terkadang kita tidak menyadari betul apa yang sebenarnya sedang dirasakan, sehingga sulit untuk menyikapinya. Jadi cobalah jujur pada diri sendiri dan jangan menyembunyikan perasaan. Cari tahu juga apa yang menyebabkan perasaan itu muncul. Ketika sedang dalam keadaan tekanan emosi, usahakan jangan memendamnya sendiri. Berbagi dengan orang lain tentang apa yang dirasakan tentunya lebih meringankan beban. Hal itu bisa membantu untuk lebih tenang.

Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Cobalah untuk fokus pada sesuatu yang positif. Berfokus pada sesuatu yang positif membantu menghilangkan sumber pikiran negatif. Cobalah praktikkan cara-cara di atas untuk mengatasi masalah emosi seperti. Kalau dirasa masih kurang, anda bisa sesuaikan dengan apa yang kamu suka pergi belanja, menonton film, menelepon teman, atau melakukan hobi. Lakukan sesuatu yang menyenangkan.

Yang pasti, orang yang mentalnya kuat memiliki kebiasaan yang sehat. Orang cerdas emosional, akan mampu menempatkan diri dengan baik, berkomunikasi sesuai keadaan lingkungan di mana ia berada.