Mengenal Pentingnya Peran Growth Hacker di Dalam Perusahaan Start Up

 

Tren di seputar dunia bisnis khususnya start up mengalamai perkembangan. Zaman telah bergeser dari era kompetisi yang kaku ke era kolaborasi yang lebih fleksibel. Batas antar disiplin ilmu semakin kabur, sehingga menuntut kita untuk beradaptasi.

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah ‘growth hacking’ dalam dunia start up dan juga entrepreneur modern. Tapi apakah sudah paham apa artinya? Istilah growth hacking adalah untuk aktivitasnya, sedangkan orangnya adalah growth hacker. Growth hack adalah sebuah proses ‘eksperimen’ yang melibatkan banyak hal termasuk desain produk.

Proses pertumbuhan bisa dimulai bahkan sebelum kamu memiliki produk jadi. Tentu saja growth hacker berbeda dengan hacker dalam dunia teknologi informasi.

 

Definisi Growth Hacking

Tak jarang bila kita membahas tentang growth hacking, isinya mirip-mirip dengan marketing, padahal growth hacking dan marketing bukan dua hal yang sama. Growth hacking adalah bagian penting dari aspek strategi pada start up, karena hal ini bisa membantu start up tumbuh cepat di masa awal pendirian dan survive di tengah persaingan.

Growth Hacking merupakan teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan startup bidang teknologi dengan berbasis kreativitas, kemampuan berpikir analitis untuk menjual produk dan mendapatkan pemberitaan atau publikasi (Fast Company).

Definisi growth hacking lainnya adalah proses eksperimen cepat yang melibatkan jalur-jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan, dan unsur-unsur bisnis lain untuk menemukan cara menumbuhkan produk yang paling efisien.

Growth hacking juga melibatkan proses pengembangan produk dan engineering. Input dalam growth hacking adalah berupa data, prosesnya adalah eksperimen, sedangkan output yang dihasilkan adalah strategi dan pertumbuhan. Karena itulah seorang growth hacker harus memiliki kemampuan analitik yang kuat, karena segala hal selalu didasarkan pada data.

 

Beradaptasi Menghadapi Gelombang Perubahan

Seiring dengan peran pemasaran tradisional yang makin mengecil, maka inilah adalah waktu yang baik untuk mengembangkan growth hacking sebagai bagian dari strategi perusahaan agar kita bisa bersaing dengan start up di luar sana yang terus berkembang. Kita harus bisa beradaptasi menghadapi gelombang perubahan ini.