Inilah Ilmu yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis Pemula

 

Coba Anda lihat orang-orang yang sukses di bidangnya. Mereka sukses karena mereka mengerti bagaimana melakukan pekerjaannya itu dengan cara terbaik. Untuk orang yang sukses berbisnis pun begitu. Bukan soal apa yang dijual, dari barang-barang yang kecil sampai yang besar, intinya mereka menguasai teknik jualan yang efektif.

Bukan hanya pemula saja, ilmu menjual itu juga penting untuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia entrepreneur. Setiap orang perlu mengupdate ilmu karena perkembangan terjadi pesat sekali. Nah, untuk bisa membuat penawaran yang diminati konsumen, apalagi untuk jangka panjang, tentu ada strateginya. Bukan asal-asalan.

 

Mengapa Bisa Bangkrut?

tahukah Anda bahwa kebangkrutan suatu bisnis seringkali bukan karena buruknya produk yang dimiliki untuk dijual tetapi pelaku bisnis yang tidak bisa jualan.. Bisa Jadi mereka yang kehabisan ide dan bingung cara apa lagi yang bisa dilakukan untuk mendongkrak omset penjualan.

 

Apa yang Seharusnya Dilakukan saat Memulai?

Kebanyakan orang yang baru memulai, akan menanyakan hal mendasar seperti: “bisnis apa yang prospeknya bagus?” Untuk mengetahui jawabannya coba jalan-jalan ke tempat banyak orang berkumpul dan berinteraksi dengan mereka. Tujuannya adalah untuk mencari tahu masalah apa  yang mereka hadapi dan apa yang mereka inginkan.

Begitu Anda sudah menemukan jawaban tentang apa yang akan Anda jual, apa langkah selanjutnya? Coba buat survei kecil dengan bantuan media sosial untuk mengecek apakah produk atau jasa yang akan Anda tawarkan dapat menyelesaikan persoalan mereka.

 

Tidak Banyak Alasan

Salah satu alasan yang umum adalah tidak ada modal. Padahal sekarang mudah menemukan peluang bisnis dengan modal minim seperti menjadi reseller yang tanpa modal uang. Sebagai langkah praktis, sering-seringlah mengikuti update di media sosial.

 

Tidak Hanya Mengandalkan Bakat

Hal selanjutnya adalah ilmu yang sifatnya non-teknis. Ini soal skill bawaan alias bakat yang sering jadi alasan orang untuk yakin memulai atau tidak. Banyak orang beranggapan bahwa mereka yang sukses berbisnis adalah yang terlahir dari keluarga pebisnis juga.

Padahal mungkin kita lupa pada prinsip yang berlaku pada hampir semua hal: orang berhasil adalah karena mau terus belajar dan praktik. Mereka mempunyai prinsip, tidak berhenti belajar sesuatu yang baru. Setiap dari kita mempunyai potensi untuk berhasil asalkan mau belajar secara terus menerus.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.