Begini Cara Membuat Customer Merasa Terkesan dan Berhutang Budi kepada Anda

 

Pikiran bawah sadar manusia mempengaruhi sebagian besar kehidupannya, sebagaimana yang mungkin Anda sudah tahu. Pikiran bawah sadar sendiri bisa dibagi menjadi tiga tingkatan. Yang pertama adalah individual unconscious, yang berarti dorongan pribadi yang mengendalikan tindakan setiap individu yang unik membedakan satu individu dengan individu lain.

Kedua, collective unconscious, yaitu dorongan bawah sadar yang mengendalikan tindakan individu sebagai anggota dari suatu kelompok. Dan yang terakhir, yang paling mudah dilihat, cultural unconscious, yaitu dorongan bawah sadar yang terbentuk dari budaya di mana individu tersebut tumbuh.

 

Saat Pikiran Bawah Sadar Berhutang Budi

Ada yang unik dari fungsi pikiran bawah sadar di saat kita melakukan aktivitas jual beli. Alam bawah sadar kita ternyata bisa merasa ‘berhutang budi’ dan ada rasa tidak enak kalau tidak membalas kebaikan seorang lain. Jika seseorang sudah memberi kepada kita, alam bawah sadarpun akan merespons,”Kalau tidak membalas, rasanya tidak enak.”

Dalam aktivitas penjualan, produk contoh bisa menjadi pemicu untuk seseorang membeli. “Ah, nggak enak nih kalau ngga beli, kan sudah dikasih gratisan. Beli ah… paling nggak satu aja.” Pernahkah Anda merasa seperti itu?

Walaupun sebenarnya tidak terlalu butuh dan tidak perlu karena sudah merasa sudah dikasih gratis satu, jadi ada rasa tidak enak kalau tidak beli produknya. Oleh karena itu, ciptakan hukum timbal balik pada layanan Anda, berikan sesuatu yang membuat alam bawah sadarnya merasa tidak enak karena ia sudah menerimanya.

 

Saat Pembeli Masih Bisa Memilih

Banyak orang yang mengatakan bahwa menggunakan alam bawah sadar dalam marketing dapat menghilangkan kemampuan orang untuk memilih apa yang ingin ia beli. Pendapat ini tidaklah benar, setiap orang masih memiliki kemampuan untuk memilih apa yang ia inginkan. Buktinya walaupun ada orang yang menggunakan cara ini, tetapi tidak semua orang membelinya.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.