Sudah menjadi pola yang berlaku berulang kali bahwa jika ingin menjadi yang terbaik, belajarlah dari yang sudah menjadi terbaik. Ini adalah prinsip yang digunakan oleh banyak orang sukses. Termasuk juga dalam hal dunia bisnis, khususnya dalam aktivitas penjualan.

Kalau Anda ingin menjadi ahli dalam hal penjualan, ada baiknya Anda belajar dari salesman terbaik nomor satu di dunia yaitu Joe Girard. Nama Joe Girard mungkin sudah tidak asing bagi Anda yang berkecimpung di dunia sales dan marketing. Nama Joe Girard terdaftar di “The Guinness Book of World Records” selama 12 tahun berturut-turut sebagai salesman mobil yang bisa menjual rata-rata 6 unit mobil per hari. Apakah Anda masih pemula atau sudah ahli, Anda bisa mempelajari apa yang dilakukann Joe Girard untuk suskes dalam penjualan.

Mulai dengan Mindset yang Positif

Setiap kegiatan penjualannya, Joe selalu menanmkan pikiran positif. Setiap dia menemui calon customernya, Joe selalu berpikiran bahwa calon customer itu nantinya akan membeli apa yang ditawarkannya. Oleh sebab itu, setiap ia menemui orang yang jadi prospeknya, Joe selalu antusias, bergairah, dan bersemangat.

Ketika ada calon customer datang, Joe Girard berdiri dan menyambut dengan hangat, misalnya bertanya bagaimana kabar si calon customer dan dia tunjukan perhatiannya. Ketika calon customer membawa anaknya yang masih kecil, Joe juga menyapa anaknya customer dengan berlutut. Dia buat suasana sedemikian rupa sehingga anak dan keluarga merasa happy.

Kebiasaan Mencatat

Mencatat mungkin terlihat sepele, tapi ini salah satu kebiasaan yang menjadi kunci sukses Joe Girard. Dia biasa mencatat setiap informasi yang dirasanya penting tentang setiap customernya, misal; tanggal lahir, di mana mereka tinggal, makanan kesukaan, dan segala data personal yang dianggap penting. Informasi semacam itu dikumpulkannya selama Girard berinteraksi dengan customer.

Memberi Kartu Ucapan

Setelah mendapat catatan, Joe akan membaca-baca lagi catatannya dan melakukan sesuatu terhadap data-data tersebut. Salah satu kebiasaan uniknya adalah dengan mengirimkan kartu ucapan secara rutin kepada semua pelanggannya. Isi kartunya pun berbeda-beda, tergantung momen dan keadaan si customer.

Apa yang dilakukan Joe Girard memang membutuhkan ketekunan yang luar biasa karena seorang salesman terbaik dunia pun sering mendapatkan penolakan dari calon prospek. Di situlah mindset pikiran positif dan konsistensi akan benar-benar dipakai. Ingin menjadi sales handal yang penawarannya mudah diterima konsumen?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.