Pernahkah Anda merasa penasaran sejak kapan manusia kira-kira melakukan aktivitas perdagangan? Apakah itu sejalan dengan ditemukannya uang di dunia? Padahal faktanya sebelum ditemukannya uang, berbagai bangsa di dunia sudah melakukan aktivitas perdagangan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa menjual adalah salah satu profesi tertua di dunia. Tapi kita tidak sedang bicara soal sejarah uang atau bahkan lalu lintas perpedagangan. Ini adalah tentang profesi penjual yang masih sering dipandang sebelah mata, padahal profesi penjual berkontribusi besar untuk menjalankan roda perekonomian bangsanya.

Sales Bukan Hanya Menjual

Segala informasi yang begitu mudah diakses di media sosial membuat konsumen semakin mudah membanding-bandingkan produk satu dengan yang lain. Di saat inilah penjual akan berperan lebih sebagai konsultan bisnis dan bukan hanya menjual. Penjual harus berusaha agar konsumen merasa happy membayar bukan hanya untuk produk yang dijual, melainkan juga untuk sharing info atau pengetahuan yang dibagikan.

Peran penjual tentu tidak berkurang, melainkan hanya berubah. Penjual sekarang tidak lagi memberikan informasi atau product knowledge belaka. Ia sudah harus siap beradu argumen, memberikan sharing dan opini, untuk meyakinkan konsumen.

Penting untuk Kehidupan Sehari-hari

Banyak mantan sales yang mengaku pekerjaannya berpengaruh dengan perkembangan kehidupannya. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang mampu menjalankan bisnis secara mandiri. Pengalaman mereka selama menjadi penjual sangat berguna untuk membangun karakter, mental, dan skill dalam berbisnis secara keseluruhan.

Menjadi Sales juga Perlu Mengembangkan Diri

Para sales memang orang lapangan yang dilatih untuk keluar dan menemui klien sampai mendapatkan penjualan. Tapi tugasnya tidak berhenti sampai di situ. Menghadapi kebutuhan pasar yang kian berubah-ubah, sales juga perlu menjadi kreatif. Pasar yang tadinya bisa diprediksi dengan mudah, kini susah ditebak.

Perilaku dan selera pasar juga semakin cepat berubah karena berbagai produk dengan berbagai karakteristik bisa bebas masuk ke dalam pasar mana pun. Belum lagi kalau ada konsumen yang rewel, tidak puas atau gampang komplain.

Menyangkut segmen pasar seperti ini, tentu saja kepiawaian tenaga penjual masih sangat diperlukan untuk merangkul langsung pasar yang ada dan mencetak penjualan sebanyak mungkin. Jika ada ketidakpuasan atau penjual dianggap kurang kompeten dalam memberikan penjelasan dan pelayanan, bisa jadi konsumen batal melakukan pembelian. Oleh karena itu, skill dalam menjual harus selalu ditingkatkan.

Ingin meningkatkan skill menjadi sales handal yang penawarannya mudah diterima konsumen?

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.