Memaksimalkan Kontribusi Industri Kreatif di Era Digital

Seperti diketahui dari sejumlah sumber, kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) adalah nasional sebesar 7,05% atau berkisar Rp 641,81 triliun. PDB sendiri merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional. Secara umum, pertumbuhan industri kreatif yang mendominasi di tanah air adalah kuliner, fashion, kerajinan.


Kuliner menduduki pertumbuhan tertinggi dibandingkan sektor lainnya. Industri kuliner merupakan sektor industri kreatif yang jika dikelola dengan baik akan berdampak terhadap perekonomian terutama bagi kalangan pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Industri Kreatif di Era Digital

Ada banyak peluang dan tantangan baru kita hadapi di era digital saat ini. Era digital telah memberikan ruang begitu luas bagi para pelaku bisnis, baik yang berskala besar maupun kecil seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). bagi kalangan pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia, selayaknya mereka menekuni sektor industri kreatif yang pasarnya besar.

Sebagai rencana jangka panjang, bahkan pelaku usaha kecil dan menengah bisa didorong untuk memasuki pasar global.

Satu Sektor Mempengaruhi Berkembangnya Sektor Lain

Meskipun sektor kuliner, fashion dan kerajinan dinilai paling menjanjikan karena memberi kontribusi pada pendapatan nasional, selain sektor itu masih ada lagi yang prospektif untuk dikembangkan. Contohnya adaIah industri film yang di dalamnya terdapat beberapa properti yang dipakai seperti fashion dan juga tempat wisata yang digunakan sebagai lokasi shooting.

Cukup sering kita melihat tempat wisata yang makin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan setelah menjadi tempat shooting. Ini berarti bahwa masing-masing sektor tidak berdiri sendiri, melainkan saling mempengaruhi. hal lain yang menguntungkan adalah dampak dari promosi film itu bisa berkontribusi pada pendapatan daerah.

Perlu Dukungan SDM Kompeten

Yang perlu diketahui adalah pada setiap produk kreatif yang berkualitas, yang paling mahal adalah idenya. Itulah mengapa diperlukan konservasi produk industri kreatif agar berbagai hasil barang kreatif tidak hanya dikenal pada saat ini, tetapi juga oleh generasi mendatang.

Apapun sektor industri kreatif itu, industri kreatif bisa mengalami pertumbuhan yang cukup bagus apabila memiliki SDM yang kompeten.



CEK YPI


VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar