Begini Caranya Kreativitas Bisa Membedakan Seorang Pemimpin atau Pengikut

 

Apa yang Anda pikirkan ketika sikap kreatif? Apakah seseorang dengan yang memiliki daya kreasi yang tinggi?  Mereka yang bisa melihat hal-hal yang belum tentu dilihat orang? Atau mereka yang, menikmati suatu pekerjaan karena punya passion, memiliki cara pandang yang luas, bisa menerima perubahan dan hal baru? Secara umum itu semua tidak salah.

 

3 Aspek Kreativitas

Kreatif didapatkan dari 3 aspek yaitu kemampuan, perilaku, dan proses. Kemampuan dalam berfikir kreatif untuk memikirkan dan menciptakan sesuatu hal yang baru. Dalam mengerjakan sesuatu, kreativitas itu sama pentingnya dengan faktor-faktor seperti pengetahuan, penguasaan teknik, dan pengalaman. Para pakar kreativitas menegaskan bahwa setiap orang memiliki potensi kreatif dan level kreativitas itu sendiri dapat dipelajari dan ditingkatkan.

 

Tentang Sikap Kreatif

Sebagai sikap, kreatif bisa ditunjukkan dengan melakukan sesuatu yang tidak banyak dilakukan orang. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang biasa dilakukan orang kebanyakan, kemungkinan ia hanya akan terjebak mainstream. Karena yang dilakukan itu suatu hal yang tidak asing, maka kemungkinan cara kita melakukan itu sesuai pola-pola yang berlaku secara umum.

Contoh hal-hal umum itu adalah mengikuti tren, misalnya ketika baru memulai sebuah bisnis. Ketika tidak ingin mengambil risiko besar, seseorang cenderung untuk melakukan sesuatu yang sudah pernah dilakukan orang. Tentu tidak masalah pada awalnya, termasuk karena alasannya adalah melayani kebutuhan orang.

 

Pembeda Antara Seorang Pemimpin atau Pengikut

Yang tidak bisa diabaikan adalah bahwa kreativitas terkait dengan faktor pembeda satu orang dengan yang lain. Menghubungkan titik-titik (connecting the dots) menjadi istilah populer untuk menggambarkan bagaimana hubungan antara satu gagasan dengan gagasan lain. Ini merupakan cara untuk menguraikan persoalan untuk diselesaikan. Dengan menghubungkan titik-titik itu, persoalan menjadi jernih terlihat.

Dengan sikap kreatif yang terampil ‘menghubungkan titik-titik’ (connecting the dots) kalau kata Steve Jobs, tentunya faktor pembeda itu sudah menjadi prioritas sejak awal. Pada titik tertentu, suatu hal tidak banyak dilakukan orang dan memiliki faktor pembeda itu menjadi sebuah inovasi yang membedakan seorang pemimpin atau pengikut.