Langkah Strategis untuk Memberdayaan Karyawan agar Lebih Kompeten

Sejak awal dibangun, perusahaan pastilah punya value dan panduan kerja secara garis besar. Bergerak di bidang apapun, kita tentu menginginkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kreatif, disiplin, memiliki produktivitas tinggi, serta berdaya saing khususnya jika berhadapan dengan tenaga kerja dari mancanegara.

Kita tahu, di era perdagangan internasional seperti saat ini, batas negara, ruang, dan waktu menjadi kabur. Itulah mengapa sebuah perusahaan perlu meyediakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan untuk mempersiapkan karyawan yang berdaya saing, serta berkompetisi secara global.

 

Memberikan Fasilitas yang Lengkap

Langkah awal untuk memberdayakan karyawan adalah dengan memberi mereka akses yang maksimal untuk fasilitas yang mereka butuhkan. Fasilitas ini penting agar mereka lebih produktif dan efisien.

 

Membuka Akses ke Media Sosial

Sebagian perusahaan memang ada yang tidak memperbolehkan membuka media sosial saat jam kerja. Padahal media sosial adalah bagian dari kehidupan karyawan dan tidak selalu negatif. Tapi, sebagian yang lainnya justru menilai bahwa media sosial itu menunjang produktivitas, khususnya di industri kreatif.

 

Melatih Karyawan untuk Mengambil Keputusan

Pemberdayaan karyawan pada dasarnya ialah strategi yang dipakai perusahaan untuk memberi kesempatan bagi karyawannya agar bisa membuat keputusan. Yang penting keputusannya sesuai tujuan perusahaan. Strategi ini membuat karyawan lebih dihargai dan memiliki sense of belonging (rasa memiliki) terhadap perusahaan. Kesempatan untuk mengambil keputusan di tempat kerja bisa menumbuhkan motivasi dan mendorong performa kerja lebih baik lagi. Memberdayakan karyawan artinya perusahaan memberi kesempatan untuk mengembangkan diri melalui pekerjaan.

 

Sering Berdiskusi dengan Mereka

Bantulah para karyawan untuk merasa bahwa mereka punya peran penting dalam proyek tersebut. Satu cara untuk menumbuhkan hal-hal di atas adalah dengan rajin berbicara pada karyawan. Diskusikan proyek yang sedang mereka tangani, kemudian tanyakan pendapat mereka. Memang butuh usaha, tapi hasilnya akan jauh lebih menguntungkan.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah bantulah karyawan Anda menyusun rencana perkembangan diri dan tawarkan imbalan atas perkembangan itu. Hal itu akan membuat para karyawan lebih betah. Yang pasti, ilmu dan skill baru yang mereka dapat bisa mereka aplikasikan dalam perusahaan.