Cara Membesarkan Startup dengan Marketing yang Efektif

 

Memulai bisnis sangat bermacam-macam tantangannya. Sering menggembirakan, tapi tidak jarang pula menguji kesabaran sepanjang prosesnya. Dan tidak ada yang instan. Harus diakui, teori yang senada dengan “bangun dulu dan mereka/pelanggan akan datang” tidak selalu berarti.

Soal nilai-nilai kesuksesan pun beda lagi. Kisah sukses yang sering Anda lihat sebagai capaian yang singkat, seringnya merupakan hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun. Ini adalah prinsip yang berlaku di mana-mana, begitu juga saat akan membesarkan start up.

Membesarkan startup adalah hal yang unik dan butuh ilmu yang berbeda. Salah satu rahasianya adalah menggabungkan dengan proporsi tepat antara Konten marketing dan Public Relation. Sederhananya, marketing untuk startup adalah tantangan yang unik karena sumber daya (waktu, uang atau bakat) yang terbatas.

 

Bagaimana Anda Memilih Pasar?

Jika Anda mencoba memasarkan startup Anda kepada semua orang, Anda membuang waktu dan uang. Kenyataannya adalah hanya sebagian kecil orang yang tertarik pada produk Anda. Kuncinya adalah identifikasi pasar target khusus kemudian mengejar pangsa pasar secara intensif. Ketahui dengan tepat berapa banyak calon pelanggan di pasar sasaran Anda. Apakah Anda menargetkan demografi regional?

Pria? Anak-anak? Apakah pasar ini memiliki uang untuk dibelanjakan pada produk Anda? Terkait persaingan Pasar, Apakah pasar sudah jenuh? Seperti, apakah banyak pesaing mereka?

 

Menentukan Kata Kunci

Dengan pasar yang terdefinisi dengan jelas, Anda dapat mulai membuat daftar kata kunci. Anda akan menggunakan daftar kata kunci terutama untuk blogging, media sosial, dan situs pemasaran utama Anda. Pada dasarnya, Anda ingin membuat daftar kata atau frasa yang sangat relevan dengan merek Anda. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang akan diketikkan seseorang ke Google untuk menemukan situs web startup Anda?

 

Menetapkan Anggaran

Di titik tertentu, startup pun diukur melalui uang. Berapa banyak yang dapat dibelanjakan untuk strategi pemasaran startup Anda? Tentukan anggaran di awal permainan dan terima batasan itu. Lebih penting lagi, rencanakan dengan hati-hati bagaimana Anda akan membagi anggaran itu. Atau mungkin Anda ingin menghabiskan 35% dari anggaran untuk mengembangkan konten, e-book baru, atau kursus online. Pastikan Anda memiliki amunisi sebelum Anda mulai menghabiskan anggaran, atau Anda bersiap untuk kalah.

 

Pastikan untuk Tetap Konsisten

Arti sukses berbeda untuk setiap startup. Apapun gagasan keberhasilan Anda, tentukan sejak awal dan definisikan secara tegas. Pastikan saja semua orang yang bekerja dengan Anda mengetahui definisi kesuksesan Anda dan siap untuk melakukannya.