Ketika disebutkan nama Albert Einstein, apa yang terlintas di benak Anda? Ya, beliau adalah salah satu fisikawan terpenting sepanjang sejarah yang terkenal dengan teori relativitasnya E = mc2. Kita tidak akan menghitung apa-apa di sini, tapi melihat E = mc2 sebagai ‘rumus baru’ di dalam marketing.

Bagaimana caranya? Ketika di dalam Fisika, anak SMA mengenal E adalah energi, m adalah massa, dan c adalah kecepatan cahaya, maka kali ini kita akan membuat sedikit penyesuaian untuk masing-masing faktor.

E = Education

Untuk E yang pertama adalah education, yaitu tentang bagaimana Anda mengenalkan produk Anda ke konsumen. Ketika Anda tidak bisa menjelaskan apa yang dimiliki produk Anda maka konsumen jadi kurang mengenal. Maka tugas pertama Anda sebagai pebisnis adalah mengedukasi pasar.

M = Mesage

Penyampaian pesan yang tepat akan menimbulkan respon pasar yang bagus. Ketika pesan yang Anda sampaikan kepada pasar Anda itu tepat sasaran maka mereka akan memberikan ketertarikan pada produk atau jasa Anda. Ketika pesan itu gagal tersampaikan, maka Anda perlu evaluasi tentang bagaimana langkah-langkah Anda sejauh ini, apakah sudah benar.

C = Communication

C yang pertama adalah communication atau komunikasi. Communication di sini adalah tentang bagaimana produk atau jasa Anda dilihat, didengar dan dirasakan oleh konsumen. Cara termudah untuk melihat apa yang Anda jual adalah melalui kemasan produk Anda. Sementara itu, dalam hal didengar adalah melalui cara tim sales Anda menawarkan. Penting juga untuk menampilkan testimoni pelanggan Anda yang sudah menggunakan produk Anda.

C = Consistency

C yang kedua adalah consistency atau konsistensi. Maksud dari konsistensi di sini adalah bagaimana Anda tetap terhubung dengan pasar setelah konsumen Anda melakukan pembelian. Banyak penjual yang menganggap sesudah transaksi itu berarti selesai. Dengan kata lain konsumen adalah sumber uang semata.

Padahal ada tahap penting setelah konsumen membeli yaitu bagaimana Anda menjaga (me-maintenance) mereka. Kenyataannya sebagian besar konsumen pergi dan tidak melakukan repeat order karena tidak mendapat perhatian. Terlepas dari hal-hal teknis, tentu semua hal termasuk strategi marketing pun membutuhkan konsistensi.

Anda tertarik untuk mengenal lebih jauh strategi marketing yang tepat untuk pelanggan Anda?

 

Anda bisa mulai di seminar kami bertema “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.