Ketika akan membeli sesuatu, seorang konsumen pasti mempunyai alasan-alasan entah itu logika atau emosional. Dalam sejumlah penelitian, logika bisa digerakkan oleh argumentasi, sedangkan emosi digerakkan oleh imajinasi. Emosi dan imajinasi tersimpan di pikiran bawah sadar manusia. Lalu bagaimana cara-cara menggiring pikiran bawah sadar konsumen?

Sentuh Sisi Emosionalnya

Percayakah Anda bahwa salah satu resep rahasia untuk sukses di bidang penjualan adalah dengan melalui pendekatan emosional? Mari kita mulai dengan melihat iklan. Coba Anda amati bahwa iklan produk yang paling efektif adalah yang bisa melibatkan emosi penonton dengan suguhan drama, lalu menghubungkan dengan produknya.

Ini sejalan dengan fakta bahwa konsumen menggunakan 12% logika berfikir dan sisanya 88% ia menggunakan emosinya.

Perhatikan Display Produk

Ketika Anda membeli produk, dari sekian banyak merk yang ada di pasaran, bagaimana Anda sebagai pembeli memilih-milih produk? Sementara itu, jika Anda ada di posisi sebagai penjual, bagaimana Anda bersaing dengan sekian banyak pemain bisnis lain? salah satu cara efektif adalah memperhatikan display produk, khususnya di toko offline.

Ada baiknya kita pahami hal ini. Menurut riset dari Pennsylvania University, mata manusia bisa tmentransmit sekitar 10 juta keping informasi per detik. Artinya otak kita mengolah sekian banyak data dalam beberapa detik saja. Otomatis langsung tersimpan dalam memori. Emosi bawah sadar manusia punya alur yang berbeda. Pikiran bawah sadar memeriksa dan bereaksi, baru kemudian kesadaran mengikuti.

Ciptakan Kondisi Trance

Trance merupakan suatu kondisi mental dimana manusia menjadi lebih mudah untuk dinasihati dan diarahkan dibandingkan biasanya. Roy Garn, seorang jenius di bidang psikologi bisnis, seorang pemikir berpengaruh dalam dunia bisnis pada masanya, beliau pernah memperkenalkan konsep psikologi trance dalam pembelian (psychology of buying trance).

Garn juga pernah mengatakan bahwa setiap orang pada dasarnya dapat dipikat perhatiannya (preoccupied). Dengan mengenali karakter konsumen Anda, maka Anda bisa menarik perhatian konsumen dan menciptakan kondisi trance.

Salah satu langkah efektif untuk menjual yang bisa menyentuh pikiran bawah sadar konsumen adalah dengan metode hypnoselling. Ingin menguasai teknik hypnoselling untuk penjualan?

 

Nantikan seminar Hypnoselling dari i.BizCoach pada tanggal 13 September 2017.  Info lengkap hubungi 081-265-2244.