Salah satu tahapan penting untuk sukses melakukan penjualan adalah membangun kesadaran (awareness) konsumen tentang kebutuhan mereka. Di saat yang sama, kita tahu kalau produk berkualitas belum tentu laku kalau tanpa disertai cara promosi yang tepat.

Seringkali saat memasarkan produk atau jasa, penjelasan atau presentasi seorang sales hanya sampai di memori jangka pendek. Artinya tidak banyak yang diingat oleh calon konsumen. Apakah Anda juga pernah merasa begitu saat melakukan personal selling?

Personal selling adalah salah satu bentuk promosi secara bertatap muka, dan disampaikan dalam presentasi lisan kepada calon konsumen untuk mengenalkan dan mengajak secara persuasif agar mereka mau membeli produk. Apapun yang Anda jual, tentunya harus menunjukkan sesuatu yang menarik perhatian.

Adakan Kompetisi

Melalui sebuah kompetisi dengan konten produk bisa terlihat seberapa antusias masyarakat terhadap produk Anda. Anda bisa membuat kompetisi sederhana seperti review produk, membuat jingle, atau giveaway di media sosial berhadiah produk Anda. Anda pun bisa mengadakan event besar seperti kontes wirausaha muda di mana tempat perusahaan Anda menjadi sponsornya. Yang pasti, langkah seperti ini penting dilakukan untuk melakukan promosi.

Ingat-ingat Pesan Penjualan yang Anda Sampaikan

Melalui papan reklame, sales letter, email, jingle dan tagline produk, tentu Anda memiliki tujuan agar produk yang Anda iklankan itu didengar, dilihat, dan diingat oleh prospek yang tepat. Dari semua media itu, pastinya ada pesan tertentu yang ingin Anda sampaikan.

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu bahwa pesan penjualan Anda sampai pada target yang tepat? Anda yakin cara-cara Anda dalam menjual selama ini sudah berhasil memberi persuasi dan mempengaruhi pelanggan? Coba tanyakan pada diri Anda sendiri, ketika Anda adalah konsumen, apakah Anda cukup tertarik dengan yang Anda tawarkan?

Itulah mengapa saat ini Anda perlu membuat inovasi dalam cara menjual melalui penawaran yang persuasif, menarik perhatian konsumen dan selanjutnya memutuskan untuk membeli.

 

Ikuti seminar Hypnoselling: “Strategi menjual tanpa banyak bicara” pada tanggal 13 September 2017. Info lebih lanjut hubungi 0811-265-2244