Perumpamaan Menjadi Pengusaha dan Mendaki Gunung

 

Sebuah kepuasan tiada tara bisa dirasakan siapa saja yang berhasil mencapai puncak gunung. Dengan segala tantangan yang ada, kenyataannya aktivitas mendaki gunung tidak selalu mudah. Ada semangat dan gairah, rasa percaya diri dan takut sekaligus, ada keinginan kuat untuk membuktikan kalau kita bisa berhasil sampai puncak.

Dengan segala tantangannya, mendaki gunung bisa memunculkan filosofi-filosofi yang mendalam tentang kehidupan. Bahkan, untuk menilai karakter asli seseorang bisa terlihat saat dia diajak mendaki gunung.

Kegiatan membangun usaha juga hampir mirip dengan mendaki gunung. Ada semangat yang terpacu karena sudah memutuskan untuk keluar dari zona nyaman. Sama seperti aktivitas perjalanan mendaki gunung yang menantang, memulai usaha sendiri pun bukan hal yang bisa dianggap mudah dan nyaman.

Jika pegawai bisa merasa aman dengan pendapatan yang pasti setiap akhir bulan, pengusaha tidak begitu. Mengapa membangun usaha bisa diumpamakan seperti mendaki gunung?

 

Menguji Daya Tahan Diri

Saat melewati sepanjang jalan menuju puncak, kaki terus melangkah dan diuji kekuatannya. Medan yang terjal pun menguji daya tahan tubuh dan kekuatan otot yang harus bekerja, apalagi kalau membawa barang bawaan yang berat. Tantangan bisa muncul dan dihadapi sewaktu-waktu.

Sama dengan tantangan dan risiko dalam membangun usaha bisa mendatangi siapa saja. Tidak masalah jikasetiap hari harus menghadapi berbagai tantangan. Asal tetap ada semangat, tekad baja, tujuan yang jelas, dan keyakinan  pada pertolonganNya, kondisi ini dapat membuat mental pengusaha terasah.

 

Rencana Perjalanan yang Matang

Mengapa rencana dan strategi harus matang? Karena perjalanan yang akan diarungi bukanlah perjalanan yang sebentar, melainkan bertahun-tahun. Ada saatnya kaki harus menerjang medan yang terjal, jalan berbatu, lalu mulus lagi. Tapi, soal cuaca bukan berada pada kendali kita.

Sebagaimana iklim bisnis yang kadang tidak kita duga. Selalu kuatkan rasa percaya diri dan antusias, sehingga saat cuaca memburuk pun, tidak ada yang kemudian menjadi terlalu menakutkan apalagi sampai menyurutkan langkah maju Anda.

 

Dilakukan dengan Partner yang Satu Tujuan

Rencana dan strategi yang dipersiapkan baik-baik akan mendekatkan kepada hasil yang baik pula. Tapi untuk mewujudkannya, kita tidak bekerja sendiri melainkan bersama partner yang satu tujuan. Dalam sebuah tim, peran masing-masing mestinya sudah ditentukan dan disepakati sejak awal. Anda yang sudah menjalankan usaha tentu sudah mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana penuh tantangannya untuk membangun, seperti mendaki hingga sampai ke puncak.