Pelajaran Bisnis yang Berharga dari CEO Amazon

Apakah Anda pernah berbelanja online melalui situs Amazon.com? Kalau sudah pernah, pengalaman seperti apa yang Anda rasakan? Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat ini memulai usahanya  sebagai toko buku online. Saat ini Amazon.com menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Sosok di Balik Kesuksesan Amazon.com

Jeff Bezos menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh di bidang teknologi karena beliau berhasil menciptakan Amazon.com dan berinvestasi di banyak perusahaan. Amazon banyak memberi inspirasi tentang cara orang berberlanja. Dari sekadar toko buku online, sang CEO menyebutnya sebagai ‘Toko Segalanya’, yaitu tempat orang bisa berbelanja apa saja dengan kekuatan jaringan internet. Kekayaan Jeff yang terpantau melalui saham di Walstreet bahkan sempat melebihi Bill Gates.

Keberanian Mencoba Model Bisnis Baru

Pada tahun 1997 ketika Amazon masih pada tahap awal dibangun, mayoritas pebisnis belum terpikirkan membuat usaha dibidang online. Tapi, Jeff berani keluar dari pemikiran normal dengan menekuni toko online di saat kebanyakan pengusaha masih berbisnis dengan model konvensional. Bahkan, seiring perkembangannya, Amazon bahkan bisa melakukan pengiriman dengan Drone.

Sebagai entrepreneur di bidang teknologi, khususnya toko online atau e-commerce, Jeff tidak hanya membangun kesuksesan Amazon saja. Beberapa langkah besar yang dilakukan oleh Jeff Bezos bersama timnya setelah mendirikan Amazon.com adalah berinvestasi di Blue Origin serta membeli media The Washington Post.

Testimonial Sebagai Sarana Promosi

Pelanggan yang puas dengan pelayanan atau produk yang mereka dapatkan, umumnya akan secara suka rela memberikan rekomendasi kepada teman-temannya. Bicara tentang kepuasan pelanggan, kita kenal istilah yang disebut dengan testimonial. Bentuk kepuasan pelanggan yang diapresiasikan disebut sebagai testimonial. Jeff selalu berusaha menyebarluaskan pesan para pelanggan setianya di toko online miliknya. Dengan cara seperti itu, minat beli masyarakat luas makin meningkat karena sudah banyak buktinya.

Apresiasi Terhadap Timnya

Orang-orang di dalam tim adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas kesuksesan bisnis. Untuk itu, setiap tim yang sukses pasti memiliki kebiasaan untuk memunculkan inisiatif. Dalam rangka mendukung budaya inisiatif di perusahaan, Jeff Bezos menciptakan penghargaan kepada para karyawannya.

Penghargaan itu diberikan untuk mereka yang mencoba dan berhasil, dan juga kepada mereka yang mencoba tapi belum berhasil. Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa setiap orang di dalam tim berani bergerak dan mengambil risiko.