Performa Sales Begitu-begitu Saja? Mungkin Anda Belum Memperhatikan Faktor Ini

 

Bergerak di bidang apapun usahanya, seorang yang berposisi di bagian marketing dan salesman adalah ‘ujung tombak’. Tapi ketika performa penjualan (sales) begitu-begitu saja, mungkin Anda belum memperhatikan faktor ini.  

 

1.Sudahkah Membidik Prospek yang Tepat?

Kemampuan membidik prospek yang tepat menjadi keterampilan yang penting dimiliki, apalagi dalam persaingan industri yang sangat kompetitif ini. Manfaatkan waktu dan usaha kepada prospek yang mungkin menghasilkan.

 

2.Menawarkan Solusi yang Tepat

Sebelum Anda bisa memberikan solusi, Anda harus mampu mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu. Satu-satunya cara untuk menemukan masalah adalah menanyakan hal yang tepat. Seperti yang kita tahu, pertanyaan yang cerdas menghasilkan jawaban yang baik, bahkan penjualan.  Anda harus paham bahwa Anda bukan sekedar menjual produk. Dalam lingkup yang lebih luas, Anda juga memberikan layanan, menciptakan solusi, dan memecahkan masalah.

 

3.Manajemen Waktu yang Baik

Tidak jarang seorang sales terjebak di antara tugas-tugas di luar jadwal. Tantangan terbesar dalam manajemen waktu adalah menghadapi situasi di luar rencana. Bicara tentang manajemen waktu memang terdengar mudah, tapi cukup menantang pada pelaksanaannya. Manjemen waktu bukan hanya tentang membuat rencana penjualan atau menjadwalkan meeting dengan klien.

 

4.Tangguh Menangani Penolakan

Saat menawarkan sesuatu untuk dijual, tentunya ada kemungkinan untuk diterima atau ditolak. Penolakan adalah hal yang tidak dapat dihindari, namun tetaplah terbuka pada berbagai kemungkinan. Tentunya seorang sales handal akan paham akan ada banyak penolakan saat berusaha menjual. Kemampuan dalam menangani penolakan calon pelanggan adalah pembeda berpengalaman dengan yang pemula.

 

5.Membangun Hubungan Baik dengan Customer

Hubungan baik yang dimaksud bukan sekedar basa-basi yang banyak dilakukan sales yang terkesan tidak tulus. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli, mengerti permasalahan mereka, dan Anda hanya ingin membantu mereka memecahkan masalah dengan menawarkan solusi.

 

 

Untuk meningkatkan performa sales Anda, iBizCOACH menyediakan fasilitas pelatihan/coaching bisnis, khusus untuk Anda yang ingin berkembang. Info lebih lanjut hubungi 0811-265-2244.