Begini Caranya Menyikapi Persaingan Bisnis dengan konsep landak

 

Dalam bukunya Good to Great, Jim Collins telah memaparkan sebuah konsep menarik yang disebut dengan Konsep Landak. Sebagaimana kita tahu, landak adalah hewan kecil yang lambat, berkaki pendek, dan mencari makan dengan cara yang mudah. Makanannya berupa buah-buahan atau serangga kecil yang tidak begitu sulit ditangkap

 

Landak vs Rubah

Dalam konsep landak dari Jim Collins ini sering dibandingkan dengan hewan rubah, yaitu hewan yang cenderung lebih agresif. Konon, pada suatu hari, si rubah itu akan memangsa landak dengan cara menjebaknya. Tiba-tiba rubah muncul di hadapan landak dan ingin menyergapnya.

Apa yang kemudian dilakukan oleh si landak? Landak langsung menggulung diri menjadi berbentuk bola berduri yang tidak bisa ditembus oleh rubah. Meskipun rubah mencoba menyerang dengan berbagai cara, tetap saja rubah tidak bisa menembus pertahanan landak yang menggulung diri tersebut.

 

Apa Pesan dari Cerita Ini?

Bahwa untuk memenangkan sebuah persaingan, khususnya persaingan bisnis, ada saatnya kita tidak membutuhkan strategi yang rumit, konsep yang sangat kompleks, ataupun rencana yang butuh waktu lama untuk eksekusi. Ada saatnya, yang dibutuhkan adalah konsep sederhana tapi dijalankan dengan fokus sehingga jadi lebih powerful untuk diterapkan setiap kali ada masalah yang dihadapi.

 

Bagaimana Menemukan Strategi Terbaik Kita?

Coba jawab 3 pertanyaan ini:

1. Apa bidang yang menjadi passion terkuat diri kita? Bidang apa yang membuat kita selalu bersemangat dan antusias untuk mengerjakannya?

2.Di bidang apa kita bisa menjadi yang terbaik, bahkan di dunia? dan di bidang apa yang (meskipun sudah berusaha), kita ternyata tidak bisa jadi yang terbaik, bahkan di level mendasar?

3.Bicara tentang perusahaan, bidang apa yang dapat menjadi penghasil profit atau arus kas Anda?

Demikianlah, tentang persaingan yang tidak bisa kita tahan. Tapi bisa kita hadapi dengan strategi yang tepat. Sebagaimana masalah yang pasti selalu datang, dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita menghadapi masalah itu.