Inilah Rahasia Kesuksesan Bisnis Keluarga

Di dunia ini ada beberapa perusahaan besar yang ternyata dibangun oleh orang-orang yang masih satu keluarga. Banyak di antara perusahaan itu yang berjalan puluhan tahun, sehingga diwariskan dari generasi ke generasi. Keluarga juga dapat menjadi penopang dan semangat ketika hasil bisnis yang tidak sesuai. Tapi ternyata menjalankan bisnis keluarga tidak selalu mudah. Bisnis keluarga juga mempunyai tantangannya sendiri.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Family Business Institute, sebanyak 88% pemilik bisnis keluarga percaya bahwa anggota keluarga mereka akan melanjutkan bisnis tersebut dalam 5 tahun ke depan. Meskipun kenyataannya, hanya 30% yang bisa bertahan hingga generasi kedua.

Pentingnya Perencanaan

Salah satu hal yang bisa memicu kegagalan bisnis keluarga adalah kurangnya perencanaan. Perencanaan itu begitu penting terutama untuk urusan penerusan bisnis keluarga. Soal kapan dan kepada siapa perusahaan akan diwariskan, tentunya perlu dipersiapkan. Ada baiknya seorang pemilik bisnis mempersiapkan rencana regenerasi bisnis seefektif mungkin.

Tentang Pewaris Bisnis Keluarga

Faktor penting dalam bisnis keluarga adalah tentang orang-orang yang akan mewarisi atau meneruskan bisnis tersebut. supaya bisa mengenali seluk-beluk bisnis, penerus bisnis keluarga juga perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Orang yang akan menggantikan pendiri perusahaan harus mau berkembang dari level bawah, mau terjun langsung menangani hal-hal kecil dan tidak langsung menduduki posisi tinggi di dalam perusahaan tanpa proses. Kemampuan pewaris bisnis itu bisa didapat dari pendidikan formal maupun melalui praktik langsung.

Gunakan Jasa Konsultasi

Kenyataannya, membangun bisnis keluarga tidaklah selalu mudah, tapi ketika sudah memiliki komitmen, tentunya tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada salahnya seorang pebisnis yang merintis usahanya menggunakan jasa konsultasi bisnis. Karena fasilitas konsultasi itulah yang bisa membantu membuat bisnis berkembang.

Salah satu lembaga konsultan bisnis yang fokus untuk berbagi kepada para pebisnis, baik pemula maupun yang ingin mengembangkan bisnisnya adalah iBizCOACH (Indonesia Business Coaching).

 

Ada banyak layanan yang diberikan, misalnya program Seminar Series. Tanggal 25 Oktober 2017, iBizCOACH akan mengadakan seminar Profit Booster. Anda yang ingin mengikutinya, bisa menghubungi ke nomor 08112652244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!