Begini Rahasia di Balik Sebagian Kecil Wirausaha yang Sukses

Setiap membuka sebuah bisnis baru atau membuat cabang untuk bisnis Anda, kemungkinan yang akan dihadapi adalah keberhasilan atau kegagalan. Masing-masing wirausaha tangguh tentunya sudah mempersiapkan kondisi itu. Bagaimana rahasia di balik sebagian kecil wirausaha yang sukses?

Berapa Persen Bisnis yang Berhasil

Tanpa melihat seberapa besar latar belakang, kemampuan, maupun besarnya modal, risiko kegagalan bisa terjadi bagi mereka yang tidak waspada. Tahukah Anda tentang sebuah penelitian dari Harvard Business School terhadap sekitar 2000 pengusaha (khususnya pengusaha pemula) sebagaimana dikutip dari www.inc.com  yang menyebutkan fakta bahwa hanya sekitar 25% wirausaha yang berhasil bertahan dan bisa meraih sukses. Bagaimana dengan 75% nya? Fakta ini memang kurang menyenangkan, tapi memang banyak bisnis yang berangsur mengalami kegagalan dan akhirnya mati.

Bagaimana Caranya Masuk ke Golongan Kecil?

Golongan 25% yang sukses tentunya bukan terbentuk secara kebetulan, melainkan ada caranya. Pastikan seorang wirausahawa mengetahui sejak awal kelebihan dan kekurangan bisnis yang dibangun. Maksimalkan sesuatu yang menjadi kelebihan, misalnya kelebihan dalam hal layanan. Tingkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, perkuat ciri khas, dan tetap berusahalah untuk memperbaiki kelemahan dalam bisnis tersebut.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Bisnis yang Anda jalankan sampai hari ini tentunya direncanakan untuk terus berkembang. Setelah beberapa waktu berlalu, ada baiknya Anda mengetahui pencapaian apa saja yang sudah dilakukan. Hal ini penting sebagai bahan evaluasi untuk bisnis Anda. Mengapa evaluasi bisnis sangat penting dilakukan? Evaluasi diperlukan agar Anda menjadi yakin bahwa usaha Anda berkembang. Kapan saat tepat untuk melakukan evaluasi? Bila kondisi bisnis berjalan tidak searah dengan rencana atau target tidak tercapai (padahal usaha sudah dikerahkan), itulah saatnya melakukan evaluasi bisnis. Hal yang yang perlu dievaluasi antara lain; bagaimana performa tim, berapa sebenarnya jumlah konsumen loyal Anda, Apakah sistem dalam bisnis Anda sudah memudahkan?

Membuat Rencana Jangka Panjang

Ketika sebagian besar aspek bisnis Anda sudah berjalan sesuai rencana, tetaplah lakukan inovasi dan jangan mudah berpuas diri karena ke depan, tantangan semakin meningkat. Selalu ingatlah pada rencana jangka panjang Anda. Sambil menyusun perbaikan langkah ke depan, sempatkan untuk mengikuti seminar bisnis yang dapat meng-upgrade kapasitas bisnis Anda.

 

Nantikan Seminar Evaluation & Success Plan For Next pada bulan Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.