Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Hal-hal yang menunjukkan keberhasilan sebuah bisnis misalnya; ketika mampu mendatangkan konsumen loyal, memiliki tim yang kuat untuk menjalankan operasionalnya, dan bisa melakukan ekspansi. Sebagian besar pemilik bisnis menganggap ekspansi adalah langkah utama dan penting bagi keberlangsungan bisnis itu ketika ingin menjadikannya bertahan lama.

Tapi, tidak sedikit yang berpikir bahwa mengekspansi bisnis itu adalah suatu tahapan yang tidak mudah. Sebelum bertanya ‘bagaimana caranya’, berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspansi bisnis.

Buat Perencanaan yang Matang Terlebih Dahulu

Bisnis yang siap untuk berkembang pasti punya perencanaan yang baik. Mula-mula, owner sebaiknya memiliki target spesifik yang ingin dicapai. Selain pencapaian penjualan saat ini, owner juga perlu membuat perencanadan terkait perkembangan bisnis dalam jangka waktu Harus Kuat di Pusatnya

Macam-macam rencana untuk melakukan ekspansi, misalnya menambahkan produk dan layanan baru, memperluas target wilayah penjualan, membuka toko baru baik secara offline maupun online. Sebelum itu, pastikan untuk kuat di pusatnya, artinya harus memiliki sistem yang kuat yang menjadi tumpuan.

yang bisa diperhitungkan, katakanlah dalam lima tahun ke depan.

Menentukan Model Bisnis Baru dan Langkah Strategis

Model bisnis sebelu dan setelah melakukan ekspansi tentunya tidak akan sama. Setelah ekspansi, bisnis itu memerlukan hal-hal baru seperti standard operating procedures (SOP) baru, aktivitas baru, tim baru. Semua yang baru-baru itu pastinya akan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Sebagai langkah strategis saat melakukan ekspansi bisnis antara lain meningkatkan inventaris produk agar mampu melayani permintaan pasar yang makin besar jumlahnya, membuat variasi produk diperlukan agar pelanggan memiliki banyak pilihan, membangun tempat baru untuk menampung produk, meningkatkan efektivitias dan efisiensi penjualan produk sambil menambah tim.  

Strategi tersebut terlihat relatif sederhana dan umum, namun untuk mengeksekusinya secara serius tentu bisa jadi penuh tantangan.

Apapun bisnis yang dijalankan, salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan bekelanjutan adalah bagaimana menghasilkan profit.

 

Strategi itu dapat Anda pelajari mulai dari seminar “Profit Booster” dari iBizCOACH pada bulan Oktober 2017 di Aston Solo Hotel. Untuk info lebih lanjut hubungi nomor ini: 08112652244.