Beginilah Kebiasaan Orang-orang Sukses Finansial

Diposting pada

Beginilah Kebiasaan Orang-orang Sukses Finansial

Ketika berbicara tentang kesuksesan, maka kita akan menemukan beberapa macam versi berbeda tentang apa itu kesuksesan. Ada orang yang menilai hidupnya sukses ketika memiliki aset tertentu, memiliki pengaruh, memiliki sesuatu yang tidak banyak dimiliki orang secara umum. Ada pula yang yakin bahwa kesuksesan adalah ketika bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Apapun itu, untuk bisa sukses, setiap orang harus melewati berbagai tantangan dan proses yang tidak sebentar. Terlepas dari apa definisi kesuksesan itu, salah satu aspek kesuksesan yang krusial adalah finansial. Berikut ini adalah kebiasaan orang-orang sukses finansial;

1.Bergaul dengan Orang yang Memiliki Kebiasaan Baik

Pada umumnya manusia cenderung dibentuk oleh lingkungan tempat ia tumbuh. Itulah mengapa sangat penting untuk pintar-pintar memilih dengan siapa ia bergaul. Bukan berarti menyarankan untuk menjadi orang yang membeda-bedakan. Hanya saja, ketika ingin mencapai kesuksesan dalam suatu bidang, ada baiknya untuk bekerja bersama dengan orang yang bersikap positif, seperti optmis dan bersemangat.

Kalau menurut Thomas Corley penulis buku “Change Your Habits, Change Your Life”, rahasia pergaulan para miliarder. Ternyata, orang sukses sangat menghindari berteman dengan orang yang pesimistis.

2.Memiliki Target yang Jelas

Orang sukses secara finansial itu memiliki kedisiplinan dalam mengatur keuangannya. Salah satu bagian dari kedisiplinan itu adalah dengan membuat target harian pada pekerjaannya. Membuat target harian harus dilakukan supaya memotivasi diri untuk bekerja. Dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu, tidak ada waktu yang terbuang. Hal itu membuat pencapaian finansial menjadi semakin tinggi.

3.Memiliki Gaya Hidup sesuai Kemampuan

Ada orang yang menganggap bahwa harga pertemanan itu mahal. Yang mahal adalah gaya hidupnya. Seringkali teman-teman mempengaruhi keputusan-keputusan yang dibuat. Ada hal yang sebenarnya bukan kebutuhan, tapi karena pengaruh gaya hidup teman-teman, akhirnya kondisi finansialnya terganggu. Jika bergaul dengan teman-teman yang bergaya hidup mewah, biasanya orang akan terbawa mengikuti gaya hidup mereka. Rasanya tidak mudah untuk tidak mengikutinya.

4.Memiliki Perencanaan Finansial yang Baik

Kesadaran finansial bukan sekadar saat kita bisa menabung atau pernah berurusan dengan transaksi perbankan. Ini juga terkait dengan bagaimana kita membuat keputusan dalam bisnis yang sedang dijalani. Yang pasti kita tidak seharusnya berhutang secara sembarangan. Pada kondisi tertentu, hutang menjadi solusi terhadap kebutuhan-kebutuhan tertentu, misalnya modal usaha. Tapi, banyak orang yang masih mungkin terjebak hutang dalam bentuk utang konsumtif.

Hutang konsumtif adalah hutang yang bertujuan untuk membiayai gaya hidup konsumtif, seperti belanja barang mahal yang nilainya terus turun. Ada baiknya hutang digunakan untuk sesuatu yang bisa menambah aset dan bukan malah untuk konsumtif.

5.Memiliki Mindset Sukses

Sukses finansial itu berawal dari mindset yang tepat. Orang yang sukses adalah orang yang bisa melihat sisi positif dalam segala sesuatu, sekalipun itu hal sepele. Saat bekerja misalnya, mereka sangat antusias. Daripada memikirkan kapan liburan tiba, mereka berusaha menyempurnakan pekerjaannya. Mereka memiliki pemahaman hak dan kewajiban sebagaimana seharusnya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar