Perbedaan Startup dan UKM.

Di tengah gaung ekonomi digital saat ini, banyak usaha rintisan baru alias startup bermunculan di berbagai bidang, seperti fashion, tour dan travel, transportasi, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan media sosial, anak-anak muda pun banyak yang mendirikan startup-startup lokal yang yang berbasis digital. Tapi, istilah startup bagi sebagian orang masih agak asing. Sebagian orang sudah akrab dengan sebutan UKM atau Usaha Kecil Menengah, sehingga istilah startup dan UKM seringkali disamakan.

Istilah startup sendiri diserap dari bahasa Inggris yang artinya adalah perusahaan atau organisasi bisnis yang baru memulai aktivitasnya. Tapi, apakah arti seperti itu sudah cukup untuk membedakan usaha UKM dengan startup? Padahal UKM yang baru saja dibangun tentu saja juga baru saja memulai aktivitasnya.

Dari segi modal, keduanya sama-sama memiliki modal yang relatf kecil. tidak sedikit yang mencari modal dengan meminjam. Pada awal pendirian, manajemen bisnisnya pun cenderung sederhana, hanya dibantu kerabat atau teman-teman dekat. Jadi apakah yang membedakan startup dan UKM?

Apa Perbedaan Startup dan UKM

Berikut Perbedaan Startup dan UKM :

Jenis Usaha

Startup mengandalkan jasa sedangkan bisnis UKM cenderung menghasilkan suatu produk. Kita bisa melihat jasa dari startup, misalnya berupa aplikasi dan software, sedangkan produk UKM adalah barang yang langsung bisa dinikmati seperti pakaian, kerajinan, dan kuliner.

Sasara Utama dalam Bisnis

Salah satu perbedaan besar dari keduanya adalah adalah sasaran utama dari keduanya. Startup berfokus pada potensi pertumbuhan yang cepat, sedangkan bisnis UKM digerakkan dengan motif utama profitabilitas atau mendapatkan penjualan dan menguntungkan.

Skala Produksi

Startup tidak tergantung pada bahan baku dan juga tidak menggunakan banyak bahan baku, sedangkan UKM skala produksinya terbatas karena harus menggunakan bahan baku dan SDM sebagai tenaga kerjanya.

Koneksi Internet

Jika pada startup koneksi internet adalah ibarat jantungnya bisnis. Dengan kata lain, tanpa internet sebuah bisnis startup tidak bisa berjalan. Sementara itu,  UKM menggunakan koneksi internet hanya sekadarnya saja, khususnya untuk keperluan pemasaran.

Nah, buat Anda yang sedang merintis sebuah bisnis startup dan ingin membuat kemajuan yang cepat, kami punya kabar baik khusus untuk Anda, namanya TFS (Training for Startup) yang akan diselenggarakan sebentar lagi. Anda yang siap memajukan bisnis, boleh tanya-tanya dulu ke nomor WA 0811-265-2244.

whatsapp